Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Apartemen GDL Sebabkan Ratusan Rumah Rusak, Dewan Minta Tak Cukup Selesai Ganti Rugi

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Yunan Helmy

04 - Aug - 2019, 13:59

Placeholder
Apartement GDL (Google)

Kasus retaknya ratusan rumah di Dharmawangsa Mas akibat proyek pembangunan Apartemen Grand Dharmawangsa Lagoon (GDL) terus menjadi sorotan berbagai pihak. Kali ini pihak DPRD Surabaya menyoroti masalah tersebut.

Sebelumnya, PT PP Property selaku pelaksana proyek menyatakan siap memberikan ganti rugi terhadap kerusakan yang terjadi di rumah-rumah warga. Namun menurut sejumlah anggota DPRD Kota Surabaya, pihak pelaksana tidak cukup hanya memberikan ganti rugi.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya Saifudin Zuhri mengatakan, tidak cukup hanya selesai diganti rugi. Menurut dia, ada hal mendasar yang harus menjadi tanggung jawab bersama antara pihak pelaksana proyek dengan instansi pemerintahan yang terkait 

"Kalau sudah seperti itu, kajianya pasti keliru. Makanya kami akan respons kasus ini," kata Zuhri.

Kaji Ipuk, sapaan akrab politisi PDIP ini, menjelaskan, seharusnya dalam membuat kajian benar-benar dihitung mengenai kemungkinan dampak getaran yang terjadi akibat pembangunan gedung tersebut.

"Kan biasanya kalau masang paku bumi atau tiang pancang ada perhitungan seberapa besar getaran yang terjadi dan seberapa besar dampaknya terhadap bangunan di sekitarnya. Kalau kemudian menimbulkan kerusakan, ya keliru berarti kajianya," ucap Zuhri.

Hal inilah yang harus dibedah. Sebab, kajian proyek erat kaitanya dengan perizinan dan lain sebagianya. "Jadi, bukan sekadar ganti rugi. Kalau cukup selesai di situ, ke depan akan terjadi lagi kejadian semacam itu" tandasnya.

Untuk itu, baik PP Property maupun GDL harus bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian tersebut. "Bukan hanya ganti rugi. Tapi harus mempertanggungjawabkan kajian proyek yang dibuat bersama stakeholder terkait," ujar Zuhri. Kaji Ipuk menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera memanggil pihak-pihak terkait.

 


Topik

Peristiwa surabaya berita-surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Yunan Helmy