Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Program Rantang Kasih akan resmi dijalankan pada 2020 mendatang. Memenuhi program itu, Dinas Sosial Kota Malang telah menyiapkan anggaran senilai Rp 200 juta dalam APBD Kota Malang Tahun Anggaran 2020.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menjelaskan, program Rantang Kasih ini merupakan salah satu inovasi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lanjut usia (lansia) yang tidak memiliki keluarga. Karena selama ini, banyak ditemui lansia yang hidup dari belas kasih tetangga dan tidak memiliki tenaga lebih untuk memasak makanan yang akan ia makan.

"Jadi pemerintah mengatasi hal tersebut dengan cara memberikan bantuan berupa makanan kepada lansia dengan kriteria khusus tersebut dalam satu hari tiga kali," katanya pada wartawan, Kamis (1/8/2019).

Dia menjelaskan, makanan yang disajikan tersebut tentunya harus memenuhi standart yang telah ditetapkan. Sehingga, masyarakat lansia tersebut dapat meniknati olahan makanan tanpa harus bersusah payah memasak terlebih dulu, namun tetap dengan komponen gizi yang sesuai.

"Makanan harus memenuhi kualifikasi sehat dan sesuai dengan kriteria yang ada dalam dunia kesehatan," jelas pria yang akrab disapa Bung Edi itu.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Malang, Pipih Triastuti menambahkan, di tahun pertama pada 2020 mendatang, baru 50 lansia yang akan menerima bantuan program Rantang Kasih. Total anggaran yanh dikeluarkan untuk 50 lansia tersebut mencapai Rp 200 juta dalam APBD Kota Malang TA 2020.

"Pendataan terus dilakukan. Setiap tahun pasti akan bertambah," jelasnya.

Menurutnya, Program Rantang Kasih itu akan dilelang terlebih dulu. Nantinya pemenang lelang akan menyalurkan bantuan berupa makanan yang sudah dimasak sehari tiga kali. Pemberian bantuan itu pun sifatnya adalah seumur hidup.

"Memang ini dilakukan secara bertahap untuk menyesuaikan dengan kesiapan anggaran juga. Kalau ditotal keseluruhan warga lansia yang membutuhkan program ini ada sekitar 200 orang lebih," terangnya.

Pipih menegaskan jika selain program Rantang Kasih, juga ada beberapa program lain yang diberikan sebagai bentuk peduli kepada masyarakat lansia. Seperti penyediaan pondok lansia yang dikhususkan bagi lansia yang tak memiliki keluarga juga tak memiliki rumah.