Kasat Reskrim Polres Bondowoso Jamal, S.H
Kasat Reskrim Polres Bondowoso Jamal, S.H

Pelaku pemalsuan tanda tangan dan stempel Bupati Bondowoso terkait permohonan dana kegiatan turnamen sepak bola di Lapangan Tangsil Wetan akhirnya ditahan oleh Polres Bondowoso. 

Pak Dewi alias Suhartono sejak semalam jam 19.30 WIB sudah mendiami rumah tahanan polres dan statusnya sudah menjadi tersangka. Hal ini dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Bondowoso, Jamal, S.H. Pasalnya Polres sudah menaikkan status pelaku dari tahap penyelidikan menjadi penyidikan dan hingga saat ini pihak polres masih terus melakukan pengembangan proses untuk melengkapi apa saja yang diperlukan oleh polres. 

Setidaknya pelaku akan dijerat dengan Pasal 263 Ayat (1) yaitu Barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat menimbulkan sesuatu hak, perikatan atau pembebasan hutang, atau yang diperuntukkan sebagai bukti daripada sesuatu hal dengan maksud untuk memakai atau menyuruh orang lain memakai surat tersebut seolah-olah isinya benar dan tidak dipalsu, diancam jika pemakaian tersebut dapat menimbulkan kerugian, karena pemalsuan surat, dengan pidana penjara paling lama enam tahun.

(2) Diancam dengan pidana yang sama, barang siapa dengan sengaja memakai surat palsu atau yang dipalsukan seolah-olah sejati, jika pemakaian surat itu dapat menimbulkan kerugian.

Senada dengan Kasat Reskrim, Kuasa Hukum Bupati H. Husnus Sidqi, S.H membenarkan Penyampaian Kasat Reskrim tentang dijadikannya pelaku sebagai tersangka dengan menunjukkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP) oleh Polres kepada KH. Salwa Arifin (Bupati). H sidqi sapaan akrab Kuasa Hukum bupati mengapresiasi langkah Polres Bondowoso tersebut. 

Baginya proses yang dilakukan oleh Polres Bondowoso sangat cepat. Mengingat sejak laporan polisi tanggal 28 Juni kemarin, sekarang polres sudah menahan dan menjadikan-nya tersangkaPO

Dia juga menambahkan bagi masyarakat yang dari kemarin menunggu informasi hasil proses terkait kasus ini perlu saya sampaikan bahwa pelaku sudah ditahan, saya mengucapkan terimakasih kepada Polres Bondowoso yang sudah sangat cepat dalam menangani kasus ini sesuai dengan prosedur yang berlaku.