Ilustrasi

Ilustrasi


Editor

Heryanto


Sebulan jelang berakhirnya periode keanggotaan DPRD tahun 2014-2019, ada banyak tugas legislasi yang belum tuntas. Selain rancangan peraturan daerah (ranperda) terkait perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (P-APBD) 2019, ada sejumlah ranperda lain harus segera diselesaikan.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto. Menurut dia, akhir tahun ini, dijadwalkan pembangunan Rumah Sakit (RS) Srengat rampung. Selain persoalan pengisian sarana dan prasarana untuk pelayanan kesehatan, perlu ada regulasi dalam bentuk perda mengatur aktivitas di rumah sakit tersebut. 

Seperti halnya perda terkait pengelolaan rumah sakit di Wlingi. “Selain pengadaan alat kesehatan (alkes), tenaga medis, dan yang lain, harus ada payung hukum dalam bentuk perdanya,” ucapnya.

Dia menyebut, perda lain yang harus segera diselesaikan adalah terkait dengan rencana detail tata kota (RDTK). Itu penting sebagai dasar percepatan pembangunan Kanigoro sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Blitar. Sebelumnya, terkait RDTK ini meliputi Kanigoro dan Sutojayan. Namun, kemungkinan yang akan menjadi prioritas sementara ini adalah Kanigoro.

Mengingat di Kecamatan Sutojayan belum menyertakan dokumen sejumlah desa di kecamatan tersebut. “Jadi yang Sutojayan sementara belum,” katanya.

Perda-perda tersebut harus segera tuntas. Sebab, pada masa transisi keanggotaan dewan yang baru, pada kisaran Agustus hingga Oktober, fungsi dewan belum berjalan maksimal.

Dia tidak menampik hal tersebut. ada proses pengisian pimpinan dewan hingga alat kelengkapan dewan setelah pelatikan yang direncanakan pada 27 Agustus nanti. 

Akibatnya, untuk beberapa bulan itu, wakil rakyat hanya akan fokus pada struktur keanggotaan. Dengan kata lain, fungsi legislasi dan monitoring sementara belum bisa dilaksanakan. “Jadi setelah pelantikan , ada banyak proses pengisian di dewan,” pungkasnya.

Untuk itu, satu bulan ini adalah sisa waktu untuk memaksimalkan kinerja atau fungsi dewan di tahun anggaran 2019 ini.(*)


End of content

No more pages to load