Bupati  Blitar memberangkatkan jamaah haji dari Halaman Pendopo Ronggo Hadi Negoro
Bupati Blitar memberangkatkan jamaah haji dari Halaman Pendopo Ronggo Hadi Negoro

Ratusan jamaah haji asal Kabupaten Blitar diberangkatkan ke tanah suci Makkah Al-Mukarromah oleh Bupati Blitar Rijanto, Selasa (16/7/2019) di halaman Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro. Mereka masuk dalam kloter 13 Kabupaten Blitar.

Pemberangkatan ini mendapatkan pendampingan dan pengamanan dari jajaran Kepolisian yang dipimpin langsung Kapolres Blitar, AKBP Anisullah M Ridha.

Kepala Kemenag Kabupaten Blitar Suhadi menyampaikan, calon jamaah haji asal Kabupaten Blitar terbagi tiga kloter. 

Untuk pemberangkatan kali ini berjumlah 866 orang dengan menggunakan 22 bus yang disediakan, 20 bus untuk para jamaah, dan dua bus sebagai cadangan.

"Kalau total calon jamaah haji keseluruhan kabupaten Blitar ada 889 orang. Namun tiga orang menunda keberangkatan karena menunggu mahrom, dan tujuh orang meninggal dunia. Sementara untuk pemberangkatan pagi ini berjumlah 866 orang dengan menggunakan 22 bus yang disediakan, 20 bus untuk para jamaah, dan dua bus sebagai cadangan," ungkap Suhadi.

Sementara itu bupati Blitar H Rijanto dalam sambutanya mendoakan seluruh calon jamaah haji agar selamat sampai tempat tujuan. Serta dapat menjalankan rukun dan sunah haji dengan baik dan lancar. 

"Semoga perjalanan lancar, selamat sampai tujuan, nantinya jadi haji mabrur dan mabruroh," ungkap Bupati.

Bupati juga berpesan kepada seluruh calon jamaah haji agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah. 

Meski cuaca disana sangat panas, namun diharapkan calon jamaah haji tidak malas untuk beribadah.

"Jadi calon jamaah haji kan sudah lama mengumpulkan biaya untuk melakukan ibadah haji. Jadi disana harus benar-benar dimanfaatkan untuk beribadah. Bisa mendoakan putra putinya menjadi anak yang sholeh dan Sholehah. Selain itu, saya juga minta didoakan agar saya dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Blitar serta Jajaran OPD Kabupaten Blitat diberikan kesehatan dan bisa menjalankan amanah  dengan baik," tandasnya.(*)