Pelaku yang diamankan di Polsek Lowokwaru. (Polsek Lowokwaru)
Pelaku yang diamankan di Polsek Lowokwaru. (Polsek Lowokwaru)

Apa yang dilakukan Abdul Hamid (30) patut disesalkan. Sebagai seseorang lulusan madrasah ibtidaiyah (MI) yang notabene sudah mendapatkan dasar ilmu agama yang bagus, ia justru menjadi budak narkoba berjenis sabu-sabu.

Warga Jalan Kalisari RT 02/RW 02, Kelurahan Wonokoyo, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, tersebut ditangkap jajaran Polsek Lowokwaru pukul 01.00 WIB di kawasan Jalan Kalisari RT 02/RW 02.

Penangkapan pelaku bermula atas informasi dari masyarakat bahwa Hamid sering melakukan penyalahgunaan narkoba. Dari situ polisi langsung bergerak untuk menciduk pelaku di rumahnya.

Dan saat ditangkap, pelaku tak bisa mengelak karena petugas mendapati barang bukti sabu dari tangan pelaku. Sabu yang dibawa pelaku dikemas dalam enam plastik klip kecil dengan berat total 1,5 gram. 

Meskipun kedapatan membawa sabu, pelaku mengaku jika ia hanyalah sebagai seorang pemakai, bukan seorang pengedar. "Saat ini pelaku masih diperiksa untuk mengetahui dari mana barangnya didapatkan. Mengenai pelaku pengedar atau pemakai, yang jelas pengembangan masih dilakukan," ucap Kapolsek Lowokwaru Kompol Pujiono.

Akibat perbuatannya, Abdol Hamid terancam Pasal 112 Ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman minimal empat tahun penjara dan maksimal 12 tahun.