Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Gus Dur Terima Penghargaan di Konferensi Internasional Tionghoa

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Yunan Helmy

16 - Jul - 2019, 10:32

Placeholder
Konferensi Internasional Zhenghe

Jatim kembali memperoleh kesempatan menyelenggarakan kegiatan bertaraf internasional. Kali ini, Jatim menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Internasional Zhenghe Ke-5 Indonesia dan Tiongkok dengan tema "Berbagi Nilai dalam Agama, Budaya dan Masyarakat". 

Pembukaan konferensi Internasional Zheng He Ke-5 secara resmi dibuka oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di JX International Convention  Exhibition, Jl Ahmad Yani  99 Surabaya, Senin (16/7). Sedangkan konferensinya akan diselenggarakan di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, gubernur Jatim menyebut konferensi  Zheng He menjadi momentum memperkukuh rasa persaudaraan dan persatuan sebagai sebuah bangsa. Selain itu, momen tersebut juga untuk membuka persepsi tentang bagaimana menjaga kedamaian di tengah keberagaman, khususnya di Indonesia. 

“Pesannya adalah masyarakat senantiasa untuk membangun kedamaian bagi semua umat manusia di bumi ini," ungkapnya.

Khofifah menjelaskan, dengan adanya konferensi ini, maka diharapkan perspektif masyarakat tentang Tionghoa terbangun lebih luas dan cerah. Tujuan akhirnya adalah untuk terciptanya kedamaian satu sama lainnya.  “Selain menjaga perdamaian, juga menjaga martabat kemanusiaan,” lanjutnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, Ketua DPRD Jatim Halim Iskandar, dan beberapa kepala OPD di Lingkungan Setda prov Jatim.

Konferensi Zhenghe sendiri menghadirkan 12 narasumber dari luar negeri dan diikuti oleh 58 peserta. Termasuk komunitas muslim Tionghoa dari 12 negara. “Secara keseluruhan, komunitas muslim Tionghoa yang berasal dari 12 negara dipastikan hadir,” tambahnya. 

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan Anugerah Peace Award kepada almarhum KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, mantan presiden RI dan ketua umum PBNU. Penghargaan diterima oleh Shinta Nuriyah Wahid, putri Gus Dur. Diberikannya penghargaan tersebut karena Gus Dur dianggap sebagai tokoh yang menghargai keberagaman.


 

 


Topik

Serba Serbi surabaya berita-surabaya Konferensi-Internasional-Zhenghe Berbagi-Nilai-dalam-Agama -Budaya-dan-Masyarakat Indoneis-&-Tiongkok JX-International-Convention -Exhibition Surabaya UIN-Sunan-Ampel-Surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Yunan Helmy