Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kekurangan Makam, Pemkot Malang Mulai Kaji Pembelian Lahan Baru

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Jul - 2019, 11:51

Placeholder
Lokasi TPU Kasin yang juga nampak mulai padat (Doc MalangTIMES)

Kekurangan makam, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana membeli lahan baru. Perencanaan kajian bagi lahan makam itu pun akan segera dilakukan. Karena kebutuhan lahan makam saat ini dinilai menjadi salah satu kebutuhan yang paling mendesak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Wasto menjelaskan, dari total lahan pemakaman umum yang dimiliki, saat ini hampir seluruhnya sudah penuh. Sehingga harus ada alternatif baru untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena meskipun saat ini perumahan sudah menyediakan lahan makam, tapi jumlahnya terbatas.

"Sekarang memang sangat mendesak kebutuhannya. Kalau di perumahan hanya dikhususkan warga perumahan. Sedangkan pemakaman umum kita semakin kecil luasannya," terangnya.

Rencananya, pembelian lahan baru itu akan dicari di kawasan timur Kota Malang. Namun dia belum dapat memastikan lokasi pastinya. Karena harus dilakukan kajian lebih mendalam dan tidak bertentangan dengan tata ruang yang sudah diatur sebelumnya.

"Ini nanti juga dwi fungsi. Selain untuk perluasan area makam juga untuk ruang terbuka hijau (RTH)," imbuh Wasto.

Saat ini, beberapa pemakaman umum di Kota Malang yang masih bisa digunakan diantaranya seperti Pemakaman Kuto Bedah, Samaan, hingga Kasin. Luas lahannya pun sudah semakin menipis dan beberapa kali telah dilakukan perluasan. Sehingga Pemkot Malang menilai untuk dilakukan kajian pembelian lahan baru.

"Saya lupa berapa luasannya, tapi saat ini kebutuhan sangat mendesak," jelasnya.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni