PLT Bupati Malang Sanusi saat menyalami para CJH Kabupaten Malang (Nana)

PLT Bupati Malang Sanusi saat menyalami para CJH Kabupaten Malang (Nana)


Pewarta

Dede Nana

Editor

A Yahya


Plt Bupati Malang Sanusi menyampaikan pesannya kepada 2.287 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Malang, yang diberangkat dari halaman parkir stadion luar Kanjuruhan, Kepanjen, Jumat (12/07/2019) sore. 

Sanusi berpesan agar para jamaah terus berkelompok selama di Tanah Suci. "Jangan sendirian, tetap bersama rombongan dan ikuti bimbingan dari petugas haji. Agar tidak tersesat nantinya di tanah suci," ucapnya sebelum memberangkatkan CJH yang tergabung dalam tiga kloter dari lima kloter,  yaitu kloter 18, 19, dan 20.

Selain pesan untuk tetap bersama dan mengikuti petugas haji yang disiapkan, Sanusi juga meminta agar seluruh CJH Kabupaten Malang menajaga kesehatannya di tengah suhu panas di tanah suci yang tidak sama dengan di Indonesia. "Jaga kesehatan semuanya. Apabila ada yang sakit segera lapor kepada ketua kelompok haji. Supaya segera diperiksa oleh petugas medis yang juga turut ikut membantu jemaah haji," ujarnya.

Seperti diketahui, CJH Kabupaten Malang tergabung dalam lima kloter. Dimana keberangkatan dimulai sejak hari Kamis (11/07/2019) kemarin, serta dilanjut dengan 2 yang berangkat dari Stadion Kanjuruhan, tadi pagi. Dimana dari data Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang,  tercatat jumlah jamaah pria sebanyak 1.028 orang dan wanita 1.259 orang.

CJH termuda yang berangkat berasal dari Desa Ketawang, Kecamatan Gondanglegi, atas nama Nikmatul Wafiroh Binti H Najib (18 tahun)  dan tertua yakni Sariyah Binti Wajeri (89 tahun) asal Desa Kemulan, Kecamatan Turen.

Sanusi juga mengatakan, setelah melepas CJH Kabupaten Malang, bahwa jumlah para calon haji ini merupakan yang terbanyak se-Jawa Timur (Jatim). Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Malang, Mustain. Dirinya mengatakan, jumlah CJH Kabupaten Malang tahun ini yang berangkat meningkat 20 persen dibanding tahun yang lalu. "Ada peningkatan CJH yang diberangkatkan. Bahkan, karena kuota, maka tidak semua juga bisa berangkat tahun ini  Jika tahun ini daftar, maka pendaftar ini akan dijadwalkan berangkat ibadah haji pada 25 tahun berikutnya," ujar Mustain.

Dia menyebutkan antusias warga Kabupaten Malang untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. ''Untuk setiap bulan saja tidak kurang 400 orang yang mendaftar di wilayah Malang Raya," imbuhnya.

Dengan setiap tahun mengalami peningkatan yang berangkat ke tanah suci, Sanusi menyampaikan, bahwa hal itu merupakan bentuk kepedulian Pemkab Malang untuk terus meningkatkan kuota haji. "Kita berupaya untuk terus meningkatkan kuota haji bagi masyarakat Kabupaten Malang. Ini bagian dari komitmen Pemkab kepada warganya," pungkasnya.


End of content

No more pages to load