Pelantikan pejabat Pemkab Pasuruan

Pelantikan pejabat Pemkab Pasuruan



Setelah lebih dari enam bulan menduduki jabatan Bupati Pasuruan untuk kali kedua, Irsyad Yusuf akhirnya memutasi pejabat eselon II, III dan IV. Sebanyak 333 aparatur sipil negara (ASN) dimutasi dan menempati pos baru sebagai upaya dari penyegaran organisasi.

Hanya saja, masih terdapat enam jabatan di eselon II yang belum juga diisi pejabat baru. Pengisian jabatan tersebut akan dilakukan secara lelang jabatan dalam beberapa waktu mendatang.

Keenam posisi tersebut yakni Kepala DPMPT, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Satpol PP dan Direktur RSUD Bangil.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menyatakan, untuk kekosongan jabatan tersebut saat ini dipercayakan kepada Plt (Pelaksana Tugas). Sedangkan pejabat definitif akan dipilih melalui seleksi terbuka atau lelang jabatan setelah mendapat izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Proses seleksi tersebut diperkirakan selesai dalam kurun waktu 3-4 bulan mendatang.

“Jabatan yang kosong sementara diisi oleh Plt sambil menunggu proses seleksi terbuka atau lelang jabatan. Seleksi terbuka harus melalui panitia seleksi (Pansel) setelah mendapat ijin dari KASN,” kata Irsyad Yusuf.

Menurutnya, mutasi adalah hal yang lumrah terjadi dalam tubuh pemerintahan. Mutasi pejabat dengan pertimbangan kebijakan politik sangat boleh, tapi harus mempertimbangkan kebijakan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan).

“Usulan Baperjakat adalah mengenai track record, latar belakang pendidikan dan kinerja pejabat itu sendiri,” tandasnya.

 


End of content

No more pages to load