Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Apresiasi Kinerja Bidan, Plt Bupati Malang : Jangan Terjebak Zona Nyaman

Penulis : Dede Nana - Editor : Heryanto

03 - Jul - 2019, 19:35

Placeholder
Plt Bupati Malang Sanusi memberikan apresiasi kepada seluruh bidan yang tergabung dalam IBI Kabupaten Malang (Humas Pemkab Malang)

Plt Bupati Malang Sanusi meminta kepada seluruh bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Malang, tidak terjebak pada zona nyaman dalam menjalankan tugasnya.

 Yakni, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Malang, khususnya yang terkait dengan ruang lingkup bidan yaitu perempuan dan keluarga.

Hal ini disampaikannya, setelah IBI Kabupaten Malang  menyampaikan sejumlah program kerja dan kegiatan yang akan digelar pihaknya terkait upaya terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Bidan punya peran sangatlah penting dalam mengawal kesehatan anak, ibu dan perempuan secara berkelanjutan. Keberadaan mereka menjadi penentu juga dalam pembangunan di Kabupaten Malang. Dengan peran dan posisi inilah para bidan harus berani keluar zona nyaman," kata Sanusi memberikan apresiasi tinggi atas kinerja bidan selama ini, Rabu (03/07/2019).

Dengan peran dan posisi sentralnya itulah, bidan terus dituntut meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya di era yang semakin kompetitif dalam dunia kesehatan saat ini. Pasalnya, tenaga kesehatan yang sudah merasa nyaman di zonanya akan digilas zaman.

"Persaingan semakin ketat, apalagi dengan adanya MEA. Masyarakat sebagai subjek kesehatan juga semakin selektif memilih tenaga kesehatan saat ini. Bila bidan, misalnya, tidak terus meningkatkan kompetensinya, dia bakal  ditinggalkan masyarakat karena banyaknya tenaga kesehatan yang lebih profesional," ujar Sanusi.

Terkait berbagai program yang disampaikan oleh pengurus IBI Kabupaten Malang, Sanusi memberikan apresiasi dan dukungan penuhnya. 

Karena, menurutnya, bidan dengan posisi sentral di dalam pembangunan, harus terus didukung dalam menjalankan tugas mulianya. Yaitu membangun kesehatan masyarakat di perdesaan se-Kabupaten Malang.

"Tanpa kesehatan, pembangunan tidak akan berjalan. Peran penting inilah yang memosisikan bidan menjadi sentral keberhasilan pembangunan," ujarnya. 

Terpisah, Ketua IBI Kabupaten Malang, Endah Pujiati, menyampaikan terimakasihnya atas dukungan dari Plt Bupati Malang kepada pihaknya. Dukungan tersebut, lanjutnya, dapat memotivasi seluruh bidan dalam menjalankan kegiatan dan tugas pokoknya.

"Kami tentu sangat berterima kasih karena sudah mendapatkan support dan apresiasi yang luar biasa tersebut," ucap Endah.

Dengan jumlah sekitar 290 bidan yang tergabung dalam IBI, dan tersebar di seluruh desa di 33 kecamatan. Tugas bidan dalam perkembangannya tidak hanya melayani atau menolong terkait kegiatan persalinan saja. Namun bidan juga memiliki tugas yang begitu komplek sekali.

"Jadi memang bidan harus keluar dari zona nyaman di era saat ini. Bidan kini jadi tumpuan puskesmas dalam melaksanakan program kerjanya. Jadi, saran pak Plt Bupati Malang akan kami jalankan. Selain itu beliau juga berpesan untuk melayani masyarakat dengan hati ikhlas dan sabar," ujar Endah yang menjelaskan dengan kompleksitas pekerjaan bidan saat ini, semuanya bisa dijalankan.

 


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Plt-Bupati-Malang Ketua-IBI-Kabupaten-Malang membangun-kesehatan-masyarakat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Heryanto