Tidak Ada Gugatan ke MK dari Kota Blitar, KPU Gelar Rapat Pleno | Jatim TIMES

Tidak Ada Gugatan ke MK dari Kota Blitar, KPU Gelar Rapat Pleno

Jul 03, 2019 16:15
Rapat Pleno penetapan pemilu digelar KPU Kota Blitar hari ini.(Foto : Team BlitarTIMES)
Rapat Pleno penetapan pemilu digelar KPU Kota Blitar hari ini.(Foto : Team BlitarTIMES)

KPU Kota Blitar melangsungkan rapat pleno penetapan hasil Pemilu 2019, Rabu (03/07/2019) di Hotel Grand Mansion.

KPU Kota Blitar sendiri menjadwalkan rapat pleno berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2019 dan PKPU Nomor 10 tahun 2019, bahwa di Kota Blitar tidak ada pihak yang mengajukan gugatan ke MK, tiga hari sejak teregisternya perkara di MK, maka rapat pleno penetapan hasil pemilu bisa dilakukan.

"Jika ada gugatan kan berarti harus menunggu putusannya dulu. Kebetulan di Kota Blitar tidak ada gugatan, sehingga setelah tiga hari teregisternya gugatan di MK, bisa dilaksanakan rapat pleno," tutur Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam.

Walaupun telah digelar rapat pleno, sambungnya, rangkaian rapat pleno tidak bisa diselesaikan hingga tuntas, sebab hingga berlangsungnya rapat pleno ini, KPU RI belum merekomendasikan untuk menunaikan rapat pleno penetapan hasil pemilu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menunda agenda penetapan perolehan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Lembaga penyelenggara pemilihan ini batal menunaikan kegiatan tersebut, lantaran belum menerima instruksi KPU pusat perihal pelaksanaan rapat pleno penetapan pemenang pemilu di Kota Blitar.

"Surat dari KPU RI belum turun. Kenapa belum turun, karena surat registrasi perkara dari MK (Mahkamah Konstitusi) itu belum diterima oleh KPU RI," ulasnya.

Dengan belum diterimanya surat registrasi perkara oleh KPU RI dari MK, lanjut dia, KPU RI tidak bisa memberikan rekomendasi kepada KPU Provinsi maupun Kabupaten dan Kota, untuk menunaikan rapat pleno penetapan perolehan hasil pemilu.

Untuk itu, KPU Kota Blitar yang telah menjadwalkan rapat pleno hari ini, menjadi menghentikan secara mendadak acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 itu, dan akan menunggu instruksi resmi dari KPU RI perihal dapat ditunaikannya rapat pleno penetapan hasil pemilu.(*)

Topik
blitar Berita Blitar

Berita Lainnya