Kapolsek Giri Iptu Suryono Bhakti, bersama seorang anggota Bhabinkamtibmas saat membantu seorang bocah penderita hidrocephalus

Kapolsek Giri Iptu Suryono Bhakti, bersama seorang anggota Bhabinkamtibmas saat membantu seorang bocah penderita hidrocephalus



Apa yang dilakukan jajaran Polsek Giri, Polres Banyuwangi, ini patut ditiru. Di tengah kesibukannya menjalankan tugas sebagai aparat kepolisian, para polisi ini menyempatkan diri untuk membantu kaum dhuafa dan mereka yang kurang beruntung.

 Bahkan mereka menyisihkan gajinya untuk membantu kaum dhuafa yang ada di wilayahnya.


Gerakan sosial ini dimotori Kapolsek Giri, Iptu Suryono Bhakti. Sejak menjabat sebagai Kapolsek Giri sekitar 6 bulan lalu, pria ini mulai mengajak anggotanya yang menjadi bhabinkamtibmas untuk “berburu” kaum  dhuafa dan warga kurang beruntung. 

“Saya meminta bhabinkamtibmas untuk mendata kaum dhuafa yang ada di desa tempatnya bertugas,” kata pria yang pernah menjabat sebagai KBO Narkoba Polres Banyuwangi, Rabu (3/7/19).


Setelah data kaum dhuafa dan orang tidak mampu didapatkan kemudian mereka dikualifikasi dari yang paling tidak mampu. Dimulai dari nama di urutan pertama, jajaran Polsek Giri kemudian memberikan bantuan pada kaum dhuafa dan orang yang tidak mampu tersebut. Bantuan yang diberikan tidak selalu dalam bentuk sembako. Tetapi berdasarkan kebutuhan yang paling diperlukan warga tersebut.


Dari mana dana yang digunakan untuk membantu para kaum dhuafa ini? Suryono Bhakti menyebut, dananya berasal dari dana yang disisihkan seluruh anggota Polsek. Namun seiring waktu berjalan, kegiatan berbagi ini mendapatkan simpati dari berbagai pihak. Sehingga banyak donatur yang ikut memberikan hartanya untuk membantu para kaum dhuafa. “Alhamdulillah banyak yang tergerak untuk ikut membantu,” ujarnya.


Penyerahan bantuan, lanjut Suryono Bhakti, dilakukan secara bergilir. Biasanya dilaksanakan pada minggu kedua dan minggu keempat setiap bulannya. Jadwal ini, kata Suryono, bisa berubah jika bersamaan dengan kegiatan yang berkaitan dengan tugas Kepolisian atau bersamaan dengan kegiatan Polres Banyuwangi.


Menurut Suryono, dirinya sengaja melibatkan seluruh anggotanya dalam melakukan kegiatan sosial ini untuk mengingatkan bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung di luar sana. “Dengan demikian saya dan anggota bisa lebih bersyukur dengan apa yang sudah kita dapatkan sekarang ini,” jelasnya.


Kegiatan yang awalnya hanya dilakukan anggota Polsek ini ternyata mendapatkan dukungan dari para istri mereka yakni anggota Bhayangkari. Sehingga saat ini kegiatan sosial pemberian bantuan kepada para kaum dhuafa juga diikuti seluruh anggota Bhayangkari Ranting Giri.


End of content

No more pages to load