Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kapolres Blitar Kota Kayuh Becak, Antar Pulang Anggota Purna Tugas

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Jul - 2019, 18:51

Placeholder
Senyum Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira saat kayuh becak antar pulang anggota purna tugas.(Foto : Team BlitarTIMES)

Bertepatan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke 73, Polres Blitar Kota menggelar upacara purna Polri dengan konsep yang agak beda. Tiga anggota polisi yang telah purna atau pensiun ini dilepas oleh rekan kerjanya dengan menumpang becak.

Usai mengikuti upacara yang bersifat seremonial, tiga anggota Polri yang telah purna mendapat penghargaan dan ucapan dari Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar dan rekan sejawatnya. 

Tak berhenti di situ, usai mengikuti dan melewati prosesi pedang pora, 3 orang Purna Polri tersebut langsung menuju becak yang telah disediakan beserta para pengayuhnya, yang terdiri dari Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, Wakapolres Blitar Kompol Widianto, , serta para Kabag dan Kasat yang telah siap mengayuh becaknya.

Sontak suasana yang tadinya sedih berubah menjadi riang dan penuh canda, ketika sejumlah anggota Purna Polri yang telah naik becak, salah satunya AKBP M Kholil yang terakhir menjabat Kabag Perencanaan Polres Blitar Kota. Selain itu ada pula Aiptu Markatab dan Aiptu Sukadi yang resmi pensiun dari kesatuan korps baju coklat.

“Upacara pedang pora dan tradisi naik becak ini selalu kami laksanakan untuk menghargai dan sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada para Purna Polri yang telah bertugas di kesatuan belasan bahkan puluhan tahun lamanya,” ungkap Adewira.

Dijelaskannya, menghantarkan anggota purna tugas dengan naik becak memiliki arti nilai kesederhanaan di masyarakat. Bahwa Polri berasal dari masyarakat, bekerja mengayomi dan melayani masyarakat. Setelah selesai menunaikan tugasnya, seorang Polri akan kembali menjadi masyarakat kembali.

"Saran dari mereka tetap kami perlukan. Karena mereka masih bagian dari Keluarga Besar Polri. Kami berharap, para purnawirawan tetap berkreasi dan berkontribusi terhadap bangsa dan Negara,” pungkasnya.(*)


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni