Kasat Lantas Polres Lumajang ketika menyerahkan SIM Gratis (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Kasat Lantas Polres Lumajang ketika menyerahkan SIM Gratis (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Memiliki tanggal lahir yang bersamaan dengan HUT Kepolisian RI ternyata membawa berkah. Sebanyak 35 warga Lumajang pada hari ini, Senin (1/7) mendapatkan SIM Gratis dari Polres Lumajang, sebagai bagian dari aksi sosial yang digelar Polres Lumajang, dalam merayakan HUT Polri ke 76.

Kapolres Lumajang AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban S.IK kepada media ini mengatakan, untuk mendapatkan layanan SIM Gratis ini syaratnya cukup mudah, yakni cukup dengan menyerahkan foto copy KTP untuk memastikan tanggal lahirnya tersebut.

"Syaratnya harus benar-benar lahir pada tanggal 1 Juli yang ditunjukkan oleh KTP dan harus benar-benar warga Kabupaten Lumajang," kata Kapolres Lumajang AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban.

Selain persyaratan tersebut, warga yang mendapatkan SIM Gratis ini juga dipersyaratkan untuk lulus uji tulis dan uji keterampilan mengemudi, sebagaimana yang diterapkan kepada pemohon SIM lainnya.

Melalui kegiatan ini Polres Lumajangg berharap kepada masyarakat, agar memiliki kesadaran yang baik untuk mematuhi aturan lalulintas, termasuk didalamnya soal persyaratan memiliki SIM dalam menggunakan kendaraan bermotor.

"Tadi ada 35 warga yang sudah mendapatkan SIM Gratis tersebut," kata Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Gede Putu Atma Giri MH.

Kasatlantas juga menjelaskan pemberian SIM Gratis ini bekerja sama dengan salah satu sebuah lembaga kursus mengemudi di Lumajang, yang secara bersama-sama merayakan HUT Kepolisian atau yang dikenal dengan Hari Bhayangkara untuk tahun ini, dengan berbagi SIM kepada masyarakat.