Presiden RI Joko Widodo ketika menghadiri acara resepsi pernikahan putri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Presiden RI Joko Widodo ketika menghadiri acara resepsi pernikahan putri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri resepsi pernikahan Fadil Wirawan dan Patimasang, Sabtu (29/6) malam di Grand City Mall, Surabaya. Patimasang merupakan putri pertama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 20.00 WIB. Dia ditemani istrinya, Iriana Widodo. Selain itu, hadir  sejumlah pejabat lain seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Jokowi tiba di Surabaya setelah melakukan penerbangan langsung dari Osaka, Jepang, usai menghadiri konferensi negara-negara G-20. Di Bandara Juanda, presiden disambut oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak yang kemudian mengantarnya ke lokasi pernikahan.

Saat tiba di lokasi pernikahan di Grand City, tidak banyak yang disampaikan Jokowi. Dia hanya melemparkan senyum dan melambaikan tangan saja ke awak media yang ada di sana.

Setelah sekitar satu jam menghadiri resepsi, Jokowi kemudian keluar. Lagi-lagi tidak banyak yang dia sampaikan.

"Saya ucapkan selamat kepada keluarga besar Ibu Khofifah Indar Parawansa atas menikahnya Mbak Ima (Patimasang)  dan Mas Fadil. Semoga keduanya bisa membangun keluarga yang sakinah mawaddah warohmah," ujar Jokowi.

"Nanti ah saya cerita banyak. Ini saya mau ke Bu Risma," sambungnya singkat. Jokowi juga enggan menanggapi pertanyaan wartawan ketika ditanya soal situasi politik.

Sebagaimana diketahui, rencananya ada pertemuan dari dua kubu yang bertarung di Pilpres 2019. Yaitu, antara kubu Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Pertemuan ini untuk membahas rekonsiliasi nasional pasca-pilpres.

Setelah dari Grand City Mall, rombongan Jokowi kemudian ke RSUD dr Soetomo. Jokowi menyambangi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang sedang sakit dan menjalani rawat inap saat ini.

Resepsi Fadil dan Ima sendiri berlangsung dengan dua sesi. Sesi pertama pada pukul 10.00-14.00 WIB. Sesi kedua pada pukul 18.30-22.00 WIB.

Di sesi pertama, sejumlah tokoh terlihat hadir. Antara lain Ketua Umum PBNU KH Agil Siradj serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi.

Pintu masuk untuk para tamu disediakan dua pintu masuk. Yaitu, jalur VIP dan umum. Di jalur umum terjadi antrean yang luar biasa. Sehingga untuk bersalaman dengan kedua mempelai membutuhkan waktu sampai satu jam lebih lamanya.

“Undangan yang kami sebar sebenarnya hanya 2.500. Tapi kalau ibu kita yang punya hajatan, satu diundang, yang datang bisa satu bus. Estimasi yang hadir bisa 5-6 ribu orang,” imbuh jubir pernikahan Zahrul Azhar Asad atau biasa disapa Gus Hans.