Fadil Wirawan ketika menghadiri acara Malam Midodareni
Fadil Wirawan ketika menghadiri acara Malam Midodareni

Di Hadapan Calon Menantu Gubernur Khofifah ungkap Perbedaan Darahnya dengan Sang Putrinya

Sebelum memulai acara akad nikah, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa lebih dahulu menggelar malam midodareni, Kamis (27/6) malam. Dalam acara tersebut dihadiri calon menantunya Fadil Wirawan yang akan segera menikah dengan putrinya Patimasang.

Malam midodareni adalah sebuah tradisi dalam adat Jawa. Di mana dua pihak keluarga yang akan melaksanakan pernikahan lebih dahulu dipertemukan. Dan saat pertemuan itu dikenalkan masing-masing anggota inti keluarga.

Di tengah acara itu Khofifah diberikan kesempatan untuk memberikan wejangan kepada Fadil. Tidak panjang yang disampaikan oleh Ketua Muslimat NU ini. Hanya sekitar lima menit saja.

Khofifah menjelaskan jika latar belakang Patimasang ada dari keluarga Makassar. Sebab, almarhum ayahnya adalah orang Makassar. "Artinya ada dua budaya, dua suku, ada dua peradaban," ujarnya.

Khofifah juga sempat menyinggung perihal perbedaan strata sosial. "Keluarga almarhum ayahanda Patimassang dikenal sebagai bagian dari keluarga trah marga darah biru. Dan saya keluarga darah merah," bebernya.

Kemudian Khofifah berpesan agar calon menantunya itu bisa jadi imam dalam keluarga nantinya. "Maka tugas ananda Fadil adalah memastikan seluruh keluarga bisa dipimpin dengan menjalankan ibadah salat dengan baik. Membaca Al-Qur'an dengan baik dan ahklaknya dengan baik juga," jelas orang nomor satu di Pemprov Jatim ini.

Selain itu Khofifah juga menyampaikan  pernikahaan yang akan dilaksanakan adalah Mitsaqon Ghalidzah. "Sebuah perikatan yang kuat. Maka dalam menjalani kehidupan, dinamika kehidupan, kadang mungkin riak kecil. Insya Allah tidak akan ada ujian Allah yang tidak mampu kita melaluinya," jelas Khofifah.

Khofifah juga mengingatkan agar sang calon menantu bisa menyapa istrinya dengan perkataan yang baik kelak. "Bagaimana saling melindungi satu dengan lain. Bagaimana saling melengkapi satu lain. Dan bagaimana kelemahan satu lain Allah memberikan kekuatan," imbuhnya.