Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Komisioner KPU Kota Malang Berganti, Sutiaji Titip Pendidikan Politik

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - Jun - 2019, 17:48

Placeholder
Suasana audinsi komisioner KPU Kota Malang bersama Wali Kota Malang Sutiaji (Foto: Humas Pemkot Malang)

Usai pergantian kabinet di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang yang resmi dilakukan pelantikan oleh KPU RI pada 13 Juni yang lalu, harapan terkait dunia politik di Kota Malang sangat dinantikan. Apalagi, saat ini politik juga telah banyak diisi oleh kaum milenial.

Wali Kota Malang Sutiaji, mengatakan prosesi pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu harus dijadikan evaluasi dan proses belajar dalam berbagai aspek. Terlebih situasi saat itu banyak dibarengi dengan isu - isu yang complicated. Salah satunya isu mengenai money politic yang terus menerus menjadi konsumsi publik.

"Saya menitipkan pendidikan politik kepada KPU Kota. Kita semua harus belajar dan ambil evaluasi dari pelaksanaan Pemilu 2019. Untuk mereduksi itu semua dan membangun demokrasi yang berkualitas, maka pendidikan politik sedini mungkin hendaknya dilakukan secara bersama, " ujarnya saat audiensi dengan Komisioner KPU Kota Malang di ruang rapat Wali Kota Malang, Rabu (26/6).

Apalagi, Kota Malang baru saja mendapat apresiasi pengembangan Kota Kreatif terbaik nasional. Pria yang akrab disapa Aji ini menambahkan betapa pentingnya upaya meniadakan pemilihan kandidat yang bersifat transaksional. 

"Ini sebagai salah satu upaya itu, karena itu menjadi salah satu sumber cost politik yang tinggi dan kadang tidak transaksional," imbuh dia.

Dalam kesempatan kali ini, Komisioner KPU Kota Malang Deni Bachtiar, juga menyampaikan proses pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Malang berjalan dengan baik tanpa ada masalah gugatan di Majelis Konstitusi (MK). "Kota Malang clear dari gugatan. Sehingga kita dapat melanjitkan tahapan berikutnya untuk rapat pleno penetapan kursi anggota DPRD Kota Malang pada tanggal 3 Juli mendatang," paparnya.

Untuk diketahui, saat ini ada 5 komisioner KPU Kota Malang yang menjabat. Dua diantaranya masih wajah baru, yakni Aminah Aminingtyas sebagai Ketua KPU Kota Malang dan Deny R. Baktiar yang berada di divisi teknis. 

"Untuk tiga wajah barunya di komisioner KPU Kota Malang ada Izzudin Fuad Fathoni, M. Thoyib dan Nur Zaini Wikan Utomo," ungkap Ketua KPU Kota Malang, Aminah.


Topik

Politik malang berita-malang Komisioner-KPU Deni-Bachtiar Majelis-Konstitusi DPRD-Kota-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni