Kegiatan gathering HDCI Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

Kegiatan gathering HDCI Malang. (Foto: Dokumen MalangTIMES)



Ketua Bidang Dakwah MUI Kabupaten Malang KH Abdul Wahid Ghozali atau yang akrab disapa Gus Wahid Arema mengimbau komunitas-komunitas di masyarakat mengambil peran untuk memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI. Di tengah situasi perpolitikan yang memanas, komunitas bisa merangkul anggota yang umumnya memiliki latar belakang beragam. 

Imbauan tersebut disampaikan Gus Wahid saat menghadiri gathering dan halal bihalal komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Malang. "Dari tinjauan psikologi, orang memiliki hobi itu positif karena akan mengalihkan mereka untuk berbuat baik. Namun, hobi tentu harus pula diisi dengan kegiatan positif sehingga hobi itu betul-betul dirasakan oleh masyarakat banyak," ucapnya.

Gus Wahid menambahkan, kegiatan-kegiatan sosial yang selama ini sudah dilakukan HDCI sangat positif dalam mendukung keberadaan NKRI. "Lewat semangat persatuan dan persatuan yang selalu dijunjung, maka sebenarnya HDCI telah berperan dalam merawat semangat persatuan yang menjadi dasar dari kuatnya keberadaan NKRI," tuturnya.

Ketua HDCI Malang Eddy Wahyono mengungkapkan, komunitas penghobi motor besar itu berkomitmen untuk terus menjaga persatuan antar-anggota maupun dengan masyarakat lewat berbagai kegiatan sosial. Sehingga dapat mempererat kebersamaan dengan masyarakat luas. 

Pihaknya terus berupaya hadir sebagai anggota masyarakat yang memberikan kontribusi nyata dan betul-betul dirasakan secara positif kehadirannya. "Karena itulah, dalam setiap kegiatan tur, kami selalu mengagendakan pula kegiatan sosial, berupa bakti sosial," ungkapnya. 

Namun untuk dapat berkontribusi positif bagi masyarakat secara luas, lanjut Eddy, maka soliditas anggota menjadi syarat utama. 

Dalam acara halalbihalal itu, HDCI juga mengundang stakeholder di antaranya kapolres Malang Kota, kapolres Malang, dan dandim Kota Malang. "Komunikasi dengan stakeholder juga kami lakukan agar kegiatan sosial yang dilakukan bisa tepat sasaran," tambahnya.

Sekretaris HDCI Malang Yoga Adhinata menegaskan, kepedulian HDCI terhadap mereka yang kurang beruntung dari sisi ekonomi dan penghuni panti sudah dilakukan secara rutin. Hampir setiap bulan, bersamaan dengan kegiatan tur HDCI, selalu ada agenda bakti sosial dengan membagi sembako ke warga yang kurang maupun panti-panti. 

Bakti sosial juga dilakukan pada momen keagamaan seperti Ramadan dan Natal. Juga pada HUT HDCI. "Dana untuk membeli sembako itu kami kumpulkan secara patungan dari anggota. Ini bentuk kebersamaan secara nyata dari anggota," ucap Yoga.


End of content

No more pages to load