Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Gerakan Ekonomi Kreatif, DPMPTSP Kota Malang Miliki Peran Strategis

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Heryanto

20 - Jun - 2019, 14:20

Placeholder
Kabid Pengembangan Iklim Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Malang Sony Bachtiar (tengah) (Istimewa)

Ekonomi kreatif menjadi salah satu program yang mendapat perhatian lebih dark Pemerintah Kota Malang. 

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun memiliki tugas untuk menopang pertumbuhan ekonomi kreatif, tanpa kecuali Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Malang dengan peran strategisnya.

Kabid Pengembangan Iklim Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Malang Sony Bachtiar menjelaskan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Wali Kota Malang Nomor 12 Tahun 2018 tentang Roadmap Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Subsektor Prioritas Kota Malang, seluruh OPD memiliki peran masing-masing.

"Regulasi itu memperkuat kinerja dari Komite Ekonomi Kreatif (KEK) yang sudah dibentuk sesuai dengan rekomendasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)," katanya pada MalangTIMES belum lama ini.

Sebagaimana Perwal Nomor 12 Tahun 2018 itu, Sony menjelaskan jika DPMPTSP Kota Malang memiliki peranan yang cukup penting. 

Di antaranya adalah fasilitasi peluang investasi, ketersediaan akses permodalan, mentoring calon investor kerjasama pengembangan bisnis lokal pelaku bisnis lokal dan internasional.

"Tentunya juga harus mempermudah proses legalitas perizinan bagi startup yang akan memulai usaha mereka," tambahnya.

Sederet program strategis untuk memantapkan pertumbuhan ekonomi kreatif itu menurut Sony sudah dijalankan. 

Salah satunya adalah melalui MASIF (Malang Startup Investment Forum) merupakan salah satu upaya untuk mendukung perkembangan Ekonomi Kreatif melalui program Business Matching.

Program yang sudah dijalankan itu menurutnya bertujuan mengidentifikasi potensi pelaku dan produk ekonomi kreatif Kota Malang. 

Selanjutnya mempertemukan pelaku dan produk ekonomi kreatif Kota Malang dengan Investor, serta untuk menyiapkan ekosistem ekonomi kreatif di Kota Malang.

"Stratup akan dipertemukan dengan investor untuk meningkatkan perekonomian kreatif," tegasnya.


Topik

Pemerintahan malang berita-malang Gerakan-Ekonomi-Kreatif DPMPTSP-Kota-Malang Badan-Ekonomi-Kreatif Organisasi-Perangkat-Daerah Malang-Startup-Investment-Forum



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Heryanto