Kapolres Situbondo saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Foto Heru Hartanto/Situbondo TIMES)

Kapolres Situbondo saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Foto Heru Hartanto/Situbondo TIMES)



Operasi Ketupat Semeru 2019 untuk pengamanan Lebaran 1440 H di Situbondo  berlangsung sukses. Pihak kepolisian bersama instansi terkait mampu bekerja secara profesional sehingga angka kriminalitas dan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di  Situbondo mampu ditekan.

Progres menggembirakan itu  disampaikan Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono SH SIK MH saat memimpin apel konsolidasi Operasi Ketupat Semeru 2019. "Tahun 2018 laka lantas sepanjang jalur Pantura Kabupaten Situbondo tercatat 17 kejadian. Tahun 2019 ini menurun hanya ada dua kejadian laka lantas," kata kapolres.

Selain laka lantas, angka kriminalitas juga menurun signifikan. Dari 34 peristiwa turun menjadi 17 peristiwa kejahatan. "Alhamdulillah pengamanan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2019 berlangsung aman, lancar dan tertib," ungkap  Kapolres Awan.

Keberhasilan Polri dalam pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2019, sambung AKBP Awan, yang mampu menekan angka laka lantas dan kriminalitas karena adanya peran besar masyarakat. Juga berkat peran instansi terkait yang membantu menyukseskan pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2019.

"Keberhasilan Operasi Ketupat Semeru 2019, merupakan prestasi yang sangat bagus bagi Kepolisian Resort Situbondo. Dan keberhasilan ini bukan karena kerja kepolisian saja, namun berkat dukungan instansi terkait serta saat ini kesadaran masyarakat sangat tinggi akan pentingnya keselamatan berlalulintas," ujar kapolres.

Soal  menurunnya angka kriminalitas, imbuh kapolres, karena sinergitas Polri dengan instansi terkait khususnya dengan seluruh elemen masyarakat yang terjalin harmonis dan saling mendukung. "Selama operasi ketupat berlangsung sejak 29 Mei hingga 10 Juni 2019, ada enam pos yang disiagakan di sepanjang jalur Pantura. Terdiri dari satu pos pelayanan dan lima pos pengamanan. Pos-pos tersebut ditempatkan di sejumlah titik rawan kriminalitas maupun laka lantas yang berada di sepanjang jalur Pantura. Mulai  ujung barat yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo sampai ujung timur yang berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi," terang japolres.

Atas keberhasilan tersebut, Kapolres Awan mengucapkan terima kasih kepada petugas pengamanan Lebaran, instansi terkait yang telah mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2019, dan masyarakat yang sudah mulai tertib lalu lintas. 


End of content

No more pages to load