Ilustrasi perumahan (industry.co.id)

Ilustrasi perumahan (industry.co.id)



Di Kota Malang, banyak pengembang yang mendirikan perumahan-perumahan baru. Namun dengan berdirinya perumahan-perumahan baru, hal tersebut nampaknya juga patut diwaspadai, terutama oleh penghuni baru yang menempati perumahan.

Sebab, di situ juga bisa saja rentan terjadi pencurian ataupun pembobolan rumah oleh para pelaku kejahatan. Terlebih lagi pada moment-moment sepesial seperti lebaran.

Seperti yang pernah terjadi di kawasan perumahan baru D'Rich Garden, Kedungkandang, Kota Malang. Di rumah salah satu warga Blok K, yakni Apriliani, yang saat itu masih menempati rumahnya sendiri pada bloknya, pernah terjadi kehilangan kran air yang terbuat dari tembaga.

Kran tersebut posisinya berada di luar rumah yang masih belum berpagar. Dan ternyata, tidak hanya satu rumah yang kehilangan kran air, melainkan hampir satu blok tersebut, kran airnya dicuri.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri SIK, SH, MH menjelaskan, memang kawasan-kawasan tersebut rentan menjadi sasaran pelaku kejahatan.

Sebab, perumahan-perumahan baru, masih belum memiliki sistem keamanan yang maksimal. Terlebih lagi perumahan yang masih terus melakukan pembangunan.

Pelaku bisa saja memanfaatkan situasi yang masih sepi, dimana penghuni perumahan juga belum banyak yang menempati rumah. Selain itu, karena banyaknya orang yang bekerja sebagai kuli, juga menyulitkan seseorang untuk mengetahui jika terdapat pelaku kejahatan yang masuk kawasan perumahan mereka.

"Karena situasi yang sepi, kemudian bisa saja pelaku memang mengincar salah satu rumah yang sudah ditempati, kemudian menuggu kelengahan pemilik rumah untuk beraksi. Makanya harus lebih waspada lagi," paparnya.

Makanya untuk menghindari hal itu, jika memungkinkan lakukan koordinasi dengan pihak pengembang agar bisa menyediakan pengamanan atau security sementara yang bertugas memantau kawasan perumahan.

"Selain itu, pemilik rumah sendiri juga harus berupaya untuk melakukan pengamanan. Misalnya menambah CCTV, memasang kunci gembok pada pagar dan upaya pengamanan lain. Jangan sampai meremehkan situasi yang ada," pungkasnya.


End of content

No more pages to load