Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mendekati Lebaran Pengajuan Klaim BPJS Ketenagakerjaan Meningkat

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : A Yahya

31 - May - 2019, 22:06

Placeholder
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kediri Agus Suprihadi saat memberikan keterangan kepada awak media di kantornya. (eko Arif s /JatimTimes)

Mendekati perayaan Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kediri mulai banyak yang mengajukan klaim jaminan hari tua.

Menurut keterangan kepala BPJS Ketenagakerjaan Kediri Agus Suprihadi, jika pada hari biasa sebelum bulan suci Ramadan, untuk setiap harinya pihaknya biasa melayani pengajuan klaim dari peserta  hanya 25 orang.  Namun menginjak bulan puasa hingga mendekati lebaran saat ini  jumlahnya terus kian bertambah, hingga 100 peserta per hari.  

"Seperti biasanya kalau untuk peningkatan klaim, terutama pengambilan jaminan hari tua, karena mendekati lebaran ya itu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kalau biasanya itu hanya paling banyak 25, kemarin setiap harinya sudah 100 orang yang mengambil Jaminan Hari tua," terangnya Jumat (31/05/19) Sore.

Banyaknya peserta BPJS ketenagakerjaan yang mengajukan klaim jaminan hari tua, dikarenakan terdesak faktor kebutuhan terutama untuk lebaran nantinya. "Ya karena kebutuhan , sebenarnya kalau tidak diambil pun lebih bermanfaat. Karena bunga di kita, di BPJS ketenagakerjaan itu lebih tinggi dari bunga di Bank. Kemudian tidak ada pajak dan tidak ada administrasi. Otomatis bunganya selalu berkembang,"ungkapnya.

Klaim jaminan hari tua bisa diajukan dengan ketentuan peserta harus berhenti bekerja dari perusahaan yang menaunginya  selama ini." Jika masih aktif bekerja tidak bisa," tandasnya.

Sekedar diketahui jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan cabang Kediri saat ini mencapai 83 ribu orang mencakup sejumlah wilayah Kota mau pun Kabupaten. Mereka tercatat sebagai kategori peserta pekerja penerima upah mau pun bukan penerima upah.


Topik

Peristiwa kediri berita-kediri perayaan-Idul-Fitri Jaminan-Sosial-BPJS Pengajuan-Klaim-BPJS



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

A Yahya