Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

DPRD Kabupaten Blitar Targetkan Empat Ranperda Kelar Satu Bulan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

27 - May - 2019, 10:38

Placeholder
Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Panitia khusus (pansus) DPRD Kabupaten Blitar yang ditugaskan untuk menyelesaikan pembahasan empat rancangan peraturan daerah (ranperda) harus segera bekerja. Pasalnya, penyelesaian pembahasan empat ranperda tersebut ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan.

Empat ranperda tersebut adalah Ranperda tentang perubahan atas Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pemerintahan Desa; Ranperda tentang Badan Pemusyawaratan Desa; Ranperda tentang Sistem Perencanaan, Penganggaran, dan Pengendalian Pembangunan Daerah; serta Ranperda tentang Sistem Penyediaan Air Minum Daerah. "Mudah-mudahan pembahasan tersebut kelar dalam waktu satu bulan," ungkap Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto.

Pihaknya menargetkan  waktu satu bulan. Sebab, dua dari empat ranperda tersebut bersifat urgen atau sangat dibutuhkan sebagai payung hukum. Yakni Ranperda tentang Pemerintahan Desa dan Ranperda tentang Badan Pemusyawaratan Desa (BPD). "Dua ranperda tersebut harus segera dijadikan peraturan daerah dan diterapkan," ucapnya.

Agar pembahasan empat ranperda tersebut bisa segera selesai, ketua DPRD minta agar pansus yang ditugaskan untuk segera mengerjakan secara maraton atau setiap hari. "Kalau bisa setiap hari terus dilakukan pembahasan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Rijanto mengatakan, empat ranperda yang kini akan dibahas tersebut semuanya merupakan inisiatif dari eksekutif, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar. Sebelumnya, pada rapat paripurna, seluruh fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Blitar memberi masukan dan catatan terhadap empat perda tersebut. "Semua pandangan dari fraksi tersebut akan kami jadikan masukan dan saran agar empat ranperda tersebut bisa sempurna," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan blitar berita-blitar DPRD-Kabupaten-Blitar rancangan-peraturan-daerah Badan-Pemusyawaratan-Desa Pemerintah-Kabupaten-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy