Beberapa tokoh yang mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan Ir. H. Joko Widodo-KH. Maruf Amin (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)
Beberapa tokoh yang mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan Ir. H. Joko Widodo-KH. Maruf Amin (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

Sejumlah Tokoh Agama di Kabupaten Situbondo mengucapkan selamat kepada pasangan H. Ir. Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin yang telah ditetapkan oleh KPU RI sebagai pemenang pemilu presiden tahun 2019, Kamis (23/05/2019).

Sejumlah tokoh agama di Kabupaten Situbondo yang menyampaikan selamat atas ditetapkannya pasangan Ir. H. Joko Widodo-KH. Maruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden oleh KPU RI, diantaranya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Cabang Kabupaten Situbondo KH Saiful Muhyi, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Situbondo Drs. Syamsuri, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Situbondo KH. Yusron Sofrowi dan Politisi Partai Demokrat Hadi Prayitno, SPd. 

“Atas nama Ketua MUI Kabupaten Situbondo, kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Ir. H. Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin sebagai presiden RI periode 2019 – 2024. Tak lupa juga kami sampaikan ucapkan selamat kepada KPU yang telah menyeleggarakan pemilu dengan baik dan kepada TNI POLRI yang telah mampu mengamankan situasi bangsa saat proses pemilu berlangsung,” kata KH Saiful Muhyi Ketua MUI kabupaten Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Ketua MUI Situbondo, namun dia juga mengatakan, bagi semua pihak yang merasa kurang puas dengan hasil pemilu dan menemukan kecurangan KPU, segera diselesaikan dengan aturan konstitusi di negara ini. 

“Kepada TNI POLRI kami memohon jika ada para perusuh yang ingin menunggangi demokrasi kita yang dapat menimbulkan kerusuhan, maka agar segera ditindak sercara tegas,” kata KH Saiful Muhyi.

Dilain pihak, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Situbondo KH. Yusron Sofrowi mengatakan, KPU RI telah menyelesaikan tugasnya merekapitulasi hasil Pemilu 2019. “Atas nama pribadi maupun lembaga, saya menyerukan untuk seluruh elemen masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Situbondo mau menghormati hasil pemilihan umum 2019, baik pileg, DPD, DPR RI maupun Presiden dan Wakil Presiden,” ujar KH. Yusron Sofrowi.

Lebih lanjut, KH. Yusron Sofrowi mengatakan, selamat atas di tetapkannya Presiden dan Wakil Presiden Ir. H. Joko Widodo-KH. Maruf Amin oleh KPU RI. “Saya berharap kepada seluruh masyarakat, apa pun yang sudah menjadi keputusan KPU RI maupun MK supaya dihormati atau disikapi dengan baik. Kita sebagai warga negara harus tunduk dengan aturan dan undang-undang sebagai konstitusi kesepakatan kita semua. Dan insya Allah jika kita mau menghargai atau menghormati apa yang telah menjadi ketetapan aturan dan undang-undang, maka negara kita akan maju lebih baik serta berdemokrasi juga dengan baik,” paparnya.

Selanjutnya, Ketua Muhammadiyah Kabupaten Situbondo Drs, Syamsuri juga mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan Presiden Wakil Presiden Ir. H. Joko Widodo-KH.Ma’ruf Amin. 

“Kami menghimbau kepada seluruh Elemen masyarakat terutama warga Muhammadiyah di Kabupaten Situbondo agar kembali membangun silaturrahim menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi keamanan dan kedamaian seluruh bangsa,”tuturnya Drs. Samsuri.

Sementara itu, politisi Partai Demokrat Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno ,SPd yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Situbondo juga mengucapakan selamat kepada caleg yang mewakili partai politik baik di DPRD, DPR Provinsi, DRP RI dan DPD. 

“Atas nama pribadi maupun partai saya ucapkan selamat kepada pasangan Presiden Wakil Presiden Ir. H. Jokowi -KH Ma’ruf Amin yang telah ditetapkan KPU RI sebagai pemenang Pilpres tahun 2019. Pemilu sudah usai, mari kita bersama-sama kembali membangun bangsa,” ujarnya.