Ilustrasi ODGJ (damarkita.com)
Ilustrasi ODGJ (damarkita.com)

Masyarakat Kota Malang, yang memang memiliki keluarga atau tetangga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), kemudian orang tersebut mengamuk namun pihak keluarga ataupun tetangga takut untuk mengevakuasinya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ), tak usah khawatir lagi.

Pasalnya, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang, siap untuk membantu masyarakat melakukan evakuasi, baik keluarga atau kerabat mereka yang mengalami gangguan kejiwaan ke RSJ.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Sekretaris Dinsos Kota Malang, Pipih Triastuti saat ditemui MalangTIMES di Kantor Dinsos Kota Malang yang berada  di Jl. Sulfat No.12, Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

"Masyarakat, yang memang membutuhkan bantuan evakuasi, sampai ke RSJ, bisa menghubungi kami, sehingga nanti akan kami terjunkan tim untuk membantu evakuasi," jelasnya.

Lanjutnya, dalam hal ini, bantuan yang diberikan dari Dinsos Kota Malang, memang hanya sebatas bantuan evakuasi dan bukan pendanaan. Sehingga meskipun dievakuasi ke RSJ dibantu Dinsos Kota Malang, bukan berati biaya akan ditanggung. Diharapkan pihak keluarga  tetap memperhatikan keluarga mereka yang dirawat.

"Memang selain evakuasi, kami juga akan melakukan pendampingan. Biasanya kan ada yang sudah dinyatakan sembuh, tapi kemudian mereka ditolak oleh keluarganya. Nah di situ kita berikan pendampingan untuk memberikan pemahaman kepada para keluarganya. Bagaimana pun mereka tetaplah keluarganya, jangan sampai diusir," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, mengenai bantuan pembiayaan, jika mereka yang terjaring memang tidak mempunyai tempat tinggal, maka mereka akan mendapatkan rekom atau rujukan dari Dinsos dan juga dari Puskesmas, sehingga dari situ biayanya bisa gratis.

"Termasuk juga yang punya BPJS, bisa gratis. Namun kalau mereka yang masih punya tempat tinggal, kemudian masih ada keluarga, tidak kita rekom, karena diharapkan keluarganya bisa menangani," pungkasnya.