Jajaran Polsek Sumberbaru saat melakukan razia kendaraan roda empat di perbatasan Jember Lumajang (foto : istimewa / JatimTIMES)

Jajaran Polsek Sumberbaru saat melakukan razia kendaraan roda empat di perbatasan Jember Lumajang (foto : istimewa / JatimTIMES)



Upaya pencegahan adanya mobilisasi massa yang akan mengikuti kegiatan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) atau People Power terus dilakukan oleh jajaran Polres Jember, Senin (20/5/2019) malam, Polsek Sumberbaru Jember menggelar razia kendaraan roda empat di perbatasan Jember Lumajang.

“Kami terus melakukan upaya persuasif untuk mencegah adanya mobilisasi massa yang akan berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi People Power pada 22 Mei, razia kali ini kita fokuskan pada kendaraan roda empat, baik kendaraan umum maupun pribadi,” ujar Kapolsek Sumberbaru AKP. Subagio SH.

Tidak hanya memeriksa identitas dan tujuan pengendara, jajaran Polsek Sumberbaru ini juga memeriksa barang bawaan yang ada di kendaraan. “Semua barang bawaan pengendara kita periksa, kami akan memberikan pemahaman kepada warga yang hendak ikut aksi 22 Mei, agar menggagalkan niatnya, karena lebih banyak mudharat daripada manfaatnya.

Sementara sehari sebelumnya, Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, kepada sejumlah wartawan mengatakan bahwa, memang pemerintah tidak bisa melarang niat warga untuk menyampaikan aspirasinya, namun upaya pencegahan tetap dilakukan jajaran pemerintah dan pihak terkait seperti TNI dan Polri.

“Kita tidak menghalangi orang yang ingin menyampaikan aspirasinya, tapi kita hanya menyampaikan manfaat dan mudharatnya, karena People Power yang saat ini lagi viral itu, saya kira lebih banyak mudharatnya, dan sejauh ini informasi yang kami terima tidak banyak warga Jember yang berangkat ke Jakarta, hanya ada sekitar 2-3 orang saja, dan ini masih kita upayakan untuk memberikan pemahaman,” ujar Wabup.

Sementara, dari razia yang dilakukan oleh jajaran Polsek Sumberbaru di perbatasan Jember Lumajang, polisi tidak menemukan adanya penumpang yang hendak ke Jakarta untuk ikut aksi 22 Mei. “Sejauh ini kami belum menemukan adanya warga yang hendak berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi 22 Mei, namun kami akan terus melakukan pemantauan dan razia secara intensif,” pungkas Kapolsek. (*)


End of content

No more pages to load