Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kristianto ketika membuka pelatihan mandiri Kota Kediri 2019 . (Foto: B. Setioko/JatimTIMES)

Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kristianto ketika membuka pelatihan mandiri Kota Kediri 2019 . (Foto: B. Setioko/JatimTIMES)



Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (UMTK) kembali membuka Pelatihan Mandiri Kota Kediri 2019 bertempat di Lotus Garden Hotel, Rabu (15/08) Malam. Pembukaan pelatihan mandiri kali ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kristianto dan diikuti oleh 500 peserta.

Dalam sambutannya Kristianto mengatakan, kegiatan pelatihan gratis ini adalah upaya dari pemerintah Kota Kediri untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat demi mengurangi pengangguran yang ada di Kota Kediri.

"Pelatihan mandiri ini kita berikan secara gratis, untuk masyarakat Kota Kediri. Dari 1500 pendaftar untuk tahun ini kita hanya mampu menampung 520 an peserta pelatihan yang sudah kita seleksi berdasarkan bakat, minat dan sebagainya," kata Kristianto.

Pelatihan yang diberikan ada 9 kejuruan yang meliputi otomotif, desain grafis, menjahit, tata boga, pelatihan di bidang informatika, pelatihan handmade, pelatihan kecantikan dan pelatihan bordir serta mengemudi.

Kristianto juga mengatakan permasalahan yang selalu dihadapi para pendiri usaha mandiri masih selalu sama dari tahun ke tahun, yakni kurangnya skil, permodalan dan pemasaran. Oleh karena itu selain memberikan pelatihan gratis juga akan memberikan kredit lunak sebagai modal usaha dan membantu pemasaran dengan mengadakan event, pameran dan memberikan bantuan pemasaran secara online.

"Saya berharap setelah dibukanya pelatihan ini peserta bersungguh- sungguh untuk mengikuti pelatihan dan setelah mengikuti pelatihan ini, masyarakat Kota Kediri bisa mendirikan usaha mandiri dan kreatif. Bagi para peserta, selamat menjalani pelatihan dengan disiplin. Semoga mendatangkan manfaat untuk masa depan masyarakat Kota Kediri yang lebih baik," pesan Kristianto.


End of content

No more pages to load