Perbaikan jalan rusak terus dilakukan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, walaupun masih juga cukup banyak jalan yang harus  ditanganinya (Nana)
Perbaikan jalan rusak terus dilakukan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, walaupun masih juga cukup banyak jalan yang harus ditanganinya (Nana)

Akhirnya, setelah terbilang lama masyarakat di wilayah Pakis mengalami ketidaknyamanan terkait jalan rusak, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang, turun tangan melakukan berbagai aktivitas dalam menyelesaikan problematika klasik setiap tahun terkait jalan. 

Problematika tersebut yakni, rusak, berlubang, terkelupas dikarenakan beban kendaraan melampaui kekuatan jalan. Serta musim hujan yang sepanjang tahun terus turun.

Turun tangannya Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, walaupun terbilang lama merespon keluhan masyarakat terkait jalan rusak di wilayah Pakis, telah menerbitkan senyum dan rasa lega warga saat ini. Walaupun, belum seluruh wilayah jalan yang ada di Pakis tertangani perbaikannya oleh Dinas PU Bina Marga.

Hal ini disampaikan oleh Camat Pakis Firmando Hasiholan Matondang yang mengatakan, tindakan PU Bina Marga merespon keluhan masyarakat di wilayah Pakis, cukup membuat warga senang.

“Penanganan PU Bina Marga cukup membuat warga senang. Dimana, sebenarnya cukup lama juga keluhan warga kepada kami di tingkat kecamatan atas jalan rusak ini,” ucapnya yang mencontohkan, keluhan warga terhadap Jalan Sekarpuro, Pakis, yang rusak sejak sekitar tahun 2018 lalu.

Banjir keluhan atas jalan rusak yang mengalir ke kantor Kecamatan Pakis pun didistribusikan secara langsung ke pihak terkait. Yakni Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang.  Walau harus bersabar dengan kerusakan jalan di wilayah tersebut, akhirnya Jalan Sekarpuro sampai perbatasan Tumpang pun diperbaiki.

“Dari hasil cek saya dari ujung Jalan Sekarpuro sampai dengan Jalan Ampeldento. Sebagian sudah diperbaiki. Ada juga yang baru dilakukan pembersihan. Kami menyadari dengan luasnya wilayah Kabupaten Malang, jalan rusak di wilayah kami baru diperbaiki. Prinsipnya kami bersyukur dibenahi," ujar Firmando yang juga menyebutkan selain Jalan Sekarpuro, jalan di wilayah Pakis yang rusak dan dibenahi diantaranya Jalan Raya Pakis, Jalan Raya Bunuwetan, Jalan Raya Pakis Jajar, hingga ke perbatasan Tumpang.

"Sudah banyak yang dibenahi, tapi yang kondisinya masih rusak juga masih banyak. Kami yakin Pemkab Malang akan membenahi wilayah Pakis,” ujarnya.

Di kesempatan berbeda, salah satu pegawai Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, mengatakan, pihaknya memang tidak bisa serta merta melakukan perbaikan jalan rusak. Terutama terkait luas wilayah Kabupaten Malang yang warganya pun menyampaikan keluhan serupa setiap tahun.

“Jadi untuk di wilayah Pakis ini memang kita sudah terima laporan cukup lama. Tapi, perbaikannya memang baru bisa dilaksanakan. Ini sekali lagi karena minimnya petugas yang mengcover wilayah Kabupaten Malang,” ucapnya kepada MalangTIMES tanpa bersedia disebut namanya.

Dirinya juga menyampaikan, beberapa kebijakan terkait alih status jalan di berbagai wilayah, salah satunya di Pakis. Dari status jalan kabupaten menjadi jalan provinsi, pun masih dalam proses. “Dimungkinkan ini juga yang membuat lama perbaikannya. Kita menunggu kepastian adanya perubahan status jalan,” pungkasnya.