Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Tol Malang-Pandaan Gratis sampai Lebaran

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Yunan Helmy

13 - May - 2019, 13:20

Placeholder
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada peresmian tol Pandaan-Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

Kabar gembira bagi para pemudik yang akan melewati ruas jalan tol Malang-Pandaan (Mapan). Mulai besok (Selasa, 14/5) kendaraan yang melewati tol ini bakal digratiskan hingga masuk Lebaran mendatang.

"Tadi saya bisik-bisik kepada pemilik jalan tol, Bu Menteri BUMN, Jangan sampai bayar dulu hingga Lebaran. Gratisin dulu sampai Lebaran saja, nggak usah lama-lama," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan jalur tol Malang-Pandaan seksi I-III di gerbang tol Singosari, Senin (13/5).

Permintaan orang nomor satu se-Indonesia ini disambut gelak tawa dan tepuk tangan undangan. Jokowi pun menambahkan bahwa gratisnya jalur tersebut untuk masa percobaan ruas tol.

Di sela-sela sambutannya, Jokowi juga sempat membuat gurauan yang disampaikan kepada Menteri BUMN Rini Soemarno itu. "Untuk percobaan dulu, tapi sampai Lebaran gratis. Ini sudah dijawab, bisa Pak. Masak yang minta presiden, nggak diberi," imbuhnya.

Suami Iriana Joko Widodo tersebut mengharapkan, dibukanya jalur tol ini bisa menjadikan kawasan Malang Raya menjadi kawasan wisata yang juga mampu meningkatkan perekonomian di daerah  ini.

"Semoga tol ini bisa mempercepat mobilitas barang, jasa, dan orang. Sehingga kita harapkan di Malang Raya ini nanti betul-betul menjadi sebuah kawasan wisata yang terkoneksi dengan tol. Dan kami harapkan pertumbuhan ekonomi menjadi semakin baik dan semakin meningkat," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno menambahkan, program gratis ruas jalan tersebut bakal berlangsung selama 30 hari ke depan. "Program sosialisasi ini 30 hari ke depan akan di-free-kan. Mulai besok pukul 07.00 sampai tanggal 12 Juni," pungkas dia.

Peresmian jalur tol Mapan kali ini untuk wilayah seksi I-III dari Pandaan ke Singosari sepanjang 31 kilometer. Sedangkan untuk seksi IV-V dari Singosari-Malang sepanjang 7,48 kilometer masih dalam tahap konstruksi.


Topik

Transportasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Yunan Helmy