Polisi dan panitia Patria Night Run memberikan keterangan pers

Polisi dan panitia Patria Night Run memberikan keterangan pers


Editor

Heryanto


Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blitar Kota akan menutup beberapa ruas jalan di Kota Blitar, besok Jumat (03/05/02019) mulai sekitar pukul 18.30 WIB.

Kasat Lantas Polres Blitar Kota AKP Bayu Halim Nugroho menjelaskan, ruas-ruas jalan yang ditutup tersebut ialah Jalan Panglima Sudirman, Jalan Merdeka, Jalan Wilis, Jalan Lawu, Jalan Anjasmoro, Jalan Dr. Wahidin, Jalan Moh. Hatta, Jalan WR Supratman, Jalan Hasanudin, dan Jalan Sudanco Supriyadi.

Beberapa ruas jalan itu ditutup, lanjut dia, karena akan dijadikan rute acara Patria Night Run. 

Giat lari malam itu akan mengambil start dan finish di depan Mapolres Blitar Kota. Panjang rute lari sendiri sepanjang 5 kilometer.

Penutupan ruas jalan tersebut, tidak ditutup tetap, artinya melihat jumlah keikutsertaan para pelari ketika melewati rute yang sudah disiapkan.

"Ada 27 titik yang akan kami persiapakan, itu untuk ditutup jalurnya. Kemudian ada 15 titik juga ruas jalan yang akan kami lakukan pengalihan arus. Tapi teknis pelaksanaan, tidak ditutup total, karena disesuaikan jumlah pelari yang melintas. Untuk rombongan utama akan kami laksanakan penutupan, demi keamanan. Namun untuk rombongan selanjutnya kita cukup lakukan buka tutup," jelas dia kepada awak media di Mapolres Blitar Kota, Kamis (02/04/2019).

Sebagai partner kegiatan Blitar Night Run dengan Polres Blitar Kota, Ketua Patria Run Blitar Suheri mengatakan, kegiatan lari malam itu digelar dengan konsep Fun Run.

Blitar Night Run, menurutnya bukan ajang lomba lari cepat, namun lebih kepada lari santai yang bisa dijangkau semua orang yang ingin mengikuti kegiatan tersebut. 

Terkini, jumlah peserta yang memastikan diri mengikuti Patria Night Run sekitar 2.000 orang.

Namun, sambung Suheri, sesuai kesepakatan antara komunitasnya dengan Polres Blitar Kota, peserta dibatasi maksimal 3.000 orang. 

Langkah itu diterapkan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan ketika kegiatan berlangsung. Calon peserta Patria Night Run juga tidak dipungut biaya alias gratis ketika mendaftar lari malam hari ini.

Pihaknya juga sudah menyiapkan 100 medali untuk pelari yang finish di rombongan pertama. Sebanyak 100 medali itu diperuntukkan bagi 50 orang pelari putra dan 50 pelari putri. 

Selain itu, untuk menjamin stamina pelari tetap stabil, panitia juga menyiapkan pos water break di titik 2,5 kilometer.

"Besok Patria Night Run konsepnya Fun Run. Artinya, semua orang bisa mengikuti, asalkan kondisi tubuh fit. Kalau tidak fit, disarankan jangan dipaksakan ikut. Besuk waktu yang dibutuhkan lari sepanjang 5 kilometer itu standarnya kita butuh waktu 1 jam. Bagi yang tidak kuat lari bisa jalan, asalkan finish. Nanti kita sediakan juga water station di paruh perjalanan di kilometer 2,5," papar dia.


End of content

No more pages to load