Pemenang Lomba website Journalist Camp menerima hadiah dari Mendikbud yang diserahkan oleh Ketua DPRD Kota Malang, Bambang Heri Susanto (foto: Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Pemenang Lomba website Journalist Camp menerima hadiah dari Mendikbud yang diserahkan oleh Ketua DPRD Kota Malang, Bambang Heri Susanto (foto: Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Bentuk apresiasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) beri laptop kepada pemenang lomba website Jurnalis Camp saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diselenggarakan di Balai Kota Malang, Kamis (2/5/2019).

Dalam kesempatan tersebut, lima pemenang lomba website antar SMP se Kota Malang yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Malang bersama media online terbesar di Kota Malang, MalangTIMES langsung menerima hadiah berupa laptop yang secara langsung dikirim oleh Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Ke lima juara yang mendapat apresiasi itu adalah SMP Negeri 20 yang berhasil menyabet juara 1, juara 2 diraih SMP Negeri 12, juara 3 oleh SMP Negeri 19, juara 4 diperoleh SMP Negeri 2, dan juara 5 diraih SMP Negeri 3.

Wali Kota Malang, Sutiaji didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah memberikan langsung apresiasi tersebut. Tampak para peserta yang menerimanya terlihat sangat sumringah dan bahagia.

"Ini adalah wujud apresiasi yang diberikan untuk para peserta lomba agar lebih termotivasi dalam berprestasi," kata Wali Kota Malang, Sutiaji pada wartawan usai melaksanakan upacara Hardiknas di halaman Balai Kota Malang.

Selain mendapat hadiah laptop dari Mendikbud, para pemenang dalam lomba website antar SMP se Kota Malang itu juga berhak atas hadiah yang disiapkan oleh panitia. Hadiah akan diserahkan pada kegiatan Gebyar Hardiknas di kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, Sabtu (4/5/2019) mendatang.

Rincian hadiah yang akan diberikan tersebut adalah juara 1 berhak atas uang senilai Rp 5 juta plus dua tiket AirAsia perjalanan Surabaya-Bali. Juara 2 mendapat uang tunai Rp 4 juta, juara 3 Rp 3 juta, juara 4 Rp 2 juta, dan juara 5 Rp 1 juta.

Sebagai informasi, lomba website ya g dikemas dalam kegiatan Journalist Camp merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Malang dengan media online berjejaring terbesar di Malang Raya, MalangTIMES. Selain itu didukung oleh AirAsia dan Indomaret.

Journalist Camp 2019 merupakan kegiatan yang digelar ke dua kalinya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi era 4.0 dan tetap berpegang teguh pada karakteristik dan budaya bangsa.

Journalist Camp menjadi salah satu agenda tahunan yang banyak diapresiasi lantaran mengajak siswa berperan secara aktif, dan positif dalam mengakses teknologi dan media sosial. Kegiatan ini juga menghadirkan sederet pakar yang berpengaruh dalam perkembangan teknologi dan pendidikan karakter.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy sendiri berkesempatan hadir di hari ke dua Journalist Camp yang berlangsung pada 5 April 2019 lalu. Dalam kesempatan tersebut Mendikbud memberi apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

Selain memberi apresiasi terhadap juara lomba website se Kota Malang, Hardiknas yang digelar di halaman Balai Kota Malang juga bertabur prestasi lainnya. Diantaranya seperti penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia, Wonderful Indonesia Robot Challange Regional Jawa Timur, hingga Olimpiade Guru Nasional SD Matematika.