Lomba drumband SD se-Kabupaten Malang dalam memeriahkan Hardiknas 2019. Selain lomba, akan digelar juga pameran pendidikan dan pentas seni, Sabtu datang (foto: Nana/ MalangTIMES)
Lomba drumband SD se-Kabupaten Malang dalam memeriahkan Hardiknas 2019. Selain lomba, akan digelar juga pameran pendidikan dan pentas seni, Sabtu datang (foto: Nana/ MalangTIMES)

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di Kabupaten Malang akan digelar sampai Sabtu (04/05/2019) datang. Setelah acara seremoni upacara peringatan Hardiknas digelar (02/04/2019), dilanjut dengan lomba drumband yang diikuti oleh SD se-Kabupaten Malang.

Berlokasi di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, para siswa dari berbagai SD se-Kabupaten Malang, menampilkan kemahirannya memainkan berbagai alat musik drumband. Satu persatu perwakilan SD menampilkan atraksinya sambil memutari lapangan Kanjuruhan.

M Hidayat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang melalui Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Puji Hariwati menyampaikan, bahwa dalam Hardiknas 2019, pihaknya memang juga akan menggelar berbagai acara.

"Ini lomba drumband SD se-Kabupaten Malang dulu yang kita gelar setelah upacara Hardiknas selesai. Lomba ini selain sebagai ruang menampilkan keterampilan siswa juga sebagai wadah para pelajar mengekspresikan minat dan bakatnya," kata Puji Hariwati kepada MalangTIMES, Kamis (02/05/2019).
Para siswa SD se-Kabupaten Malang pun menampilkan keahliannya memainkan alat drumband dengan berbagai irama. Sang dirijen dengan piawai juga mengarahkan pasukannya sambil terus melangkah mengitari lapangan Kanjuruhan, Kepanjen.

Lomba drumband jenjang SD se-Kabupaten Malang, bukan hanya atraksi penutup Hardiknas 2019 yang dilehat Dinas Pendidikan. Masih menurut Puji, masih banyak rangkaian acara dalam merayakan Hardiknas oleh pihaknya.
 

Tasyakuran Hardiknas 2019 sebagai agenda pertama sebelum dilanjut dengan berbagai acara lainnya (Nana)


"Untuk Sabtu depan, ada rangkaian acara di kantor Disdik dalam merayakan Hardiknas," ujarnya.

Data dari Dinas Pendidikan, rangkaian acara Hardiknas hari Sabtu datang, akan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Malang Sanusi. Selain juga nantinya akan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan beserta jajaran serta perwakilan korwil se-Kabupaten Malang.

Selain akan digelar pameran pendidikan, dalam Hardiknas 2019, Dinas Pendidikan juga akan meluncurkan berbagai aplikasi berbasis teknologi di bidang pendidikan. "Banyak aplikasi di bidang  pendidikan yang akan diluncurkan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan," ujar Puji.

Puji juga melanjutkan, dari agenda yang ada, dalam perayaan Hardiknas 2019 akan digelar juga pentas seni dari berbagai korwil. Yakni, Kepanjen, Tumpang, Jabung, Bululawang, Pujon, Turen dan Singosari.

Dimana nantinya pentas seni hari Sabtu datang akan menampilkan berbagai jenis tarian khas Malangan. Seperti tari Remo, selendang biru, grebek Jawa, tari dong-dong dan tari topeng. Tidak ketinggalan juga nantinya akan dipentaskan seni Al-Banjari.

"Jadi di hari Sabtu nanti akan banyak sekali agenda yang  memeriahkan Hardiknas 2019. Selain sebagai ajang unjuk keterampilan siswa juga sebagai bentuk hiburan bagi masyarakat Kabupaten Malang," pungkas Puji.