Bupati Jember saat menjadi Inspektur Upcara Hari Pendidikan Nasional 2019 (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Bupati Jember saat menjadi Inspektur Upcara Hari Pendidikan Nasional 2019 (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)



Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 dan Hari Otonomi Daerah Ke-23, Kamis (2/5/2019) diperingti secara bersamaan di Alun-Alun Jember. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jember dr Hj Faida MMR mengatakan,  melalui Hardiknas Kali ini, perhatian pemerintah difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Hari ini kita bersyukur, Tuhan memberi kesempatan kepada kita untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah. Bangsa Indonesia juga baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan pemilu secara serentak. Dan kini prosesnya masih berlangsung pada tahapan penghitungan,” ujar bupati Jember dalam sambutannya.

Menurut Faida, dalam pemilihan umum yang baru saja digelar, memang harus terjadi proses pembelajaran bagi warga Indonesia. Sebab, proses belajar hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan.

Oleh karenanya, pemerintah perhatiannya mulai bergeser dari Infrastruktur ke peningkatan sumber daya manusia dikarenakan kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan di sini menemukan urgensinya sehingga menciptakan SDM yang berkualitas.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh lresiden RI di banyak kesempatan, bahwa perhatian pemerintah saat ini bergeser dari peningkatan infrastruktur ke peningkatan SDM. Hal ini dikarenakan pada kedua sektor inilah bisa menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya-sumber daya manusia yang berkualitas,” pungkas bupati Jember. 


End of content

No more pages to load