Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Seratus Lebih Siswa SMP di Blitar Ikut UNBK Susulan, Ini Penyebabnya

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

29 - Apr - 2019, 19:59

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : Tribunnews)

Sebanyak  140 siswa tidak mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2019, sesuai jadwal yang ditentukan  yakni mulai tanggal 21 sampai 25 Mei. Jumlah siswa itu dari total 10.816 siswa SMP sederajat Negeri/Swasta di Kabupaten Blitar. Penyebabnya, siswa dalam kondisi sakit yang harus memaksakan siswa tersebut tidak bisa mengikuti ujian saat itu.

"Dari jumlah total tersebut, hanya 140 siswa yang mengikuti UNBK susulan. UNBK susulan akan digelar di enam lembaga atau sekolah. Yakni empat lembaga negeri dan dua lembaga swasta," jelas Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Dindik) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, Munir.

Munir melanjutkan, enam lembaga yang menggelar UNBK susulan di antaranya SMPN 21 Gandusari, SMPN 1 Selopuro, SMPN 1 Nglegok, SMPN 1 Srengat, SMP YP Ma'arif Selorejo, dan SMP YP 17 Nglegok.

Dia merinci, jumlah siswa SMP Negeri/swasta yang mengikuti UNBK tahun ajaran 2018-2019 sebanyak 10.816. Riciannya pelajar putri sebanyak 5.239 dan pelajar putra sebanyak 5.577. Nantinya akan mengikuti UNBK susulan sesuai dengan mata pelajaran.

Rata-rata mengikuti ujian susulan karena tidak mengikuti UNBK sesuai jadwal, karena beberapa faktor seperti sakit dan lainnya. Menurut dia, nantinya dalam pelaksanaan UNBK susulan, peserta tetap mengisi soal ujian di komputer.

Untuk itu, pihaknya akan mempersiapkan sarana dan prasarana di enam lembaga yang menggelar UNBK susulan, dengan harapan pelaksanaan UNBK susulan berjalan lancar. "Saat ini semua sarpras mulai dari komputer dan server sudah kami siapkan untuk UNBK susulan," imbuhnya.

Sedangkan berdasarkan evaluasi pelaksanaan UNBK yang digelar 21-25, yakni kekurangan sarana komputer. Namun hal itu disiasati dengan cara siswa membawa sendiri laptop dan pelaksanaan UNBK menumpang di laboratoriun komputer milik lembaga tingkat SMA. "Keberadaan laptop tambahan milik siswa maupun wali murid sangat membantu kelancaran pelaksanaan UNBK," sebut Munir.


Topik

Pendidikan blitar berita-blitar Siswa-SMP UNBK-Susulan ujian-nasional-berbasis-komputer-(UNBK) Dinas-Pendidikan Pemerintah-Kabupaten Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya