Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Peringatan Dini Hardiknas, Kepala Kemenag: Melepas Beban Ujian Satu Bulan

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

29 - Apr - 2019, 11:29

Placeholder
Kepala Kemenag Kabupaten Malang H Musta'in saat memberikan sambutan dalam Hardiknas yang diselenggarakan secara lebih dini. (Nana)

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sebenarnya jatuh pada 2 Mei. Tapi, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang telah merayakannya hari ini, Senin (29/04/2019) di pendapa Kabupaten Malang, Kepanjen.

Diikuti ratusan siswa dan para guru dari tingkat raudlatul athfal (RA), madrasah ibtidaiyah (MI), sampai madrasah tsanawiyah (MTs) yang berpakaian adat, peringatan Hardiknas digelar lebih dini oleh lembaga pendidikan di bawah Kemenag Kabupaten Malang.

H Musta'in, kepala Kemenag Kabupaten Malang, dalam sambutannya menyatakan bahwa pihaknya memang merayakan Hardiknas lebih dini. "Ini sebagai bentuk syukur sekaligus untuk melepas lelah kami semua. Karena selama hampir satu bulan, kita disibukkan dengan berbagai ujian," kata Musta'in dalam sambutannya.

Musta'in juga menegaskan bahwa dengan merayakan Hardiknas lebih cepat, pihaknya ingin para siswa juga bisa mengekspresikan dirinya lebih bebas. Setelah terbilang jenuh dan lelah menghadapi berbagai ujian sekolahan, saatnya para siswa bergembira.

"Jadi, nanti setelah pembukaan acara ini, seluruh sekolah melakukan berbagai kegiatan terpisah di sekolahnya masing-masing. Ada perlombaan, hiburan sampai berbagai kegiatan merayakan Hardiknas," ujarnya.

Musta'in juga menyampaikan, perayaan Hardiknas ini juga sebagai bagian dalam menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki lembaga-lembaga pendidikan di bawah kewenangannya. Selama ini dimungkinkan berbagai potensi yang melahirkan berbagai prestasi tidak terekspos secara masif kepada masyarakat.

Padahal, lanjutnya, banyak prestasi yang diapresiasi dari para siswa sampai guru di tingkat nasional. Misalnya, prestasi para guru yang melakukan ikhtisar pengembangan keilmuan sampai menjadi buku, guru dan murid produktif, kreatif dan inovatif serta prestasi lainnya.
Berbagai potensi dan prestasi inilah yang diharapkan bisa terus tampil di depan. "Sehingga lembaga-lembaga pendidikan di bawah Kemenag juga bisa memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Malang pada khususnya," ujar Musta'in.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Malang Sanusi yang meminta kepada seluruh lembaga pendidikan di bawah Kemenag untuk tidak berkecil hati atau minder saat berhadapan dengan lembaga pendidikan formal lainnya yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
"Jangan minder dan terus tunjukkan prestasinya. Banyak potensi yang dimiliki dan ini yang harus terus ditingkatkan. Tampilkan terus potensi-potensi itu di depan," ujar Sanusi.

Dia juga menyampaikan pihaknya juga akan terus menguatkan para siswa dan guru pendidikan di bawah Kemenag Kabupaten Malang setiap tahunnya. "Baik dengan cara memberikan intensif kepada siswa maupun para gurunya," pungkas Sanusi.


Topik

Pendidikan malang berita-malang Hari-Pendidikan-Nasional Kementerian-Agama pendapa-Kabupaten-Malang lembaga-pendidikan Kementerian-Pendidikan-dan-Kebudayaan Wakil-Bupati-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy