Pelatihan membatik sukses digelar Kelurahan Turi
Pelatihan membatik sukses digelar Kelurahan Turi

Pemerintah kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar terus berupaya memperkuat taraf sosial ekonomi masyarakat, khususnya para perajin kerajinan batik Turi yang menjadi ikon unggulan kelurahan Turi.

Lurah Turi Bambang Irawan mengatakan, kegiatan pelatihan membatik yang ia selenggarakan itu untuk meningkatkan kemandirian ekonomi yang berorientasi pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang berdaya saing dan berwawasan lingkungan.

Kemudian, lanjut Bambang, kegiatan pelatihan membatik juga sebagai sarana mewujudkan program pemerintah kota (Pemkot) Blitar yakni Maya Juwita (masyarakat berdaya menuju kota pariwisata). "Program ini sebenarnya kegiatan yang kita maksudkan dalam rangka melaksanakan visi kota Blitar yang ke- 3, yaitu bagaimana upaya-upaya menjabarkan maksud kemandirian ekonomi yang berdaya saing. Kemudian ini juga merupakan upaya kita melaksanakan program maya juwita," jelas Lurah Turi, Bambang Irawan, saat dihubungi BLITARTIMES di kantornya, Selasa (23/04/2019).

Bambang meyakini, jika masyarakat perajin Batik Turi ini diberikan pelatihan-pelatihan teknis secara berkesinambungan, dia yakin inovasi perajin batik makin berkembang dan tentunya mempengaruhi daya saing produk lokal.

Dengan begitu, sambungnya, setelah perajin menguasai perkembangan inovasi mode kerajinan batik di tengah arus modernisasi zaman, dan memiliki daya saing ekonomi yang mumpuni, itu akan membantu kualitas ekonomi masyarakat yang semakin baik.

"Untuk itu akan terus kami lakukan upaya pembinaan dan pelatihan, supaya perajin-perajin kami mempunyai inovasi berkarya yang tinggi. Melalui itu saya kira hasil produksi kami mempunyai nilai daya saing tinggi dan tentunya sangat membantu ekonomi masyarakat," tukasnya.

Bambang juga menyatakan, peningkatan keterampilan, kualitas dan produktivitas dalam bidang kerajinan membatik, bisa mewujudkan agenda pembentukan Kampung Batik Kembang Turi yang dirintis oleh kelurahan Turi Kota Blitar.

Sebagai informasi, pada Oktober tahun 2018 lalu, kelurahan Turi melaunching kampung Batik Kembang Turi. Pendirian kampung wisata itu, dimaksudkan untuk selain promosi wisata ekonomi kreatif, juga untuk memantapkan program Maya Juwita kota Blitar yang mengusung konsep daerah wisata dan ekonomi kreatif.

Terkini, perajin batik kembang Turi sudah memiliki organisasi internal kelurahan Turi, dimana di dalamnya berkumpul para perajin-perajin batik kembang turi. Organisasi perkumpulan perajin batik kembang Turi ini hasil produksinya sudah merambah di semua daerah lokal Blitar. Harapannya, kedepan bisa lebih menjangkau ke kancah antar lokal, bahkan tataran nasional.