Kondisi Jembatan penghubung perumahan Bulan Terang Utama yang sedang diperbaiki pekerja. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Kondisi Jembatan penghubung perumahan Bulan Terang Utama yang sedang diperbaiki pekerja. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)



Warga kawasan Perumahan Bulan Terang Utama (BTU)  di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang,  resah. Pasalnya, jembatan penghubung perumahan dengan Jalan Raya Ki Ageng Gribig mengalami retak-retak dan ambles pada bagian jalan maupun sisi samping jembatan.

Hal itu  disebabkan pelengsengan sebelah sisi kiri jembatan ambrol karena terkikis air dari saluran air atau sungai yang dikatakan warga merupakan air buangan dari Sawojajar.

"Ya sudah lama itu retak-retaknya. Kami warga kan jadi takut waswas kalau jembatan tiba-tiba ambruk. Nanti ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan," ucap Andik, salah seorang warga sekitar yang mengaku tinggal di BTU.

Jika masalah itu tidak segera mendapatkan penanganan dari pengembang perumahan, maka ditakutkan nantinya kondisi jembatan akan lebih parah dan membahayakan masyarakat atau para pengguna jalan yang akan keluar ataupun menuju perumahan BTU. "Untungnya segera ditangani pengembang. Kalau tidak, ya makin bahaya. Ini tukang-tukangnya dari pengembang, bukan dari warga. Katanya itu mau bangun jembatan di sebelahnya lagi. Itu ngukur-ngukur. Mungkin memang mau buat baru," ungkap dia.

Saat ini, pantauan di lapangan, puluhan pekerja sedang melakukan perbaikan dengan melakukan pengurukan pada bagian jembatan yang ambles.

Sementara itu, kondisi pinggiran jembatan tampak ambles dengan batu-batu yang berserakan di bawah jembatan. Tembok pembatas jembatan juga tampak retak dan rawan jika dibuat untuk bersandar.

Jalanan menuju perumahan BTU sendiri tak bisa dilewati dengan lancar. Sebab, jalan harus dibuat satu jalur sehingga mereka yang lewat harus antre dan bergantian, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sampai saat ini, para pekerja sendiri masih terus melakukan upaya perbaikan.


End of content

No more pages to load