Pelaku M. Alvin ditahan di Polsek Selopuro. Dia damankan beserta barang bukti pencurian.

Pelaku M. Alvin ditahan di Polsek Selopuro. Dia damankan beserta barang bukti pencurian.



Polsek Selopuro, Blitar, menangkap satu orang pelaku pencurian ponsel. Pelaku bernama Muhammad Alvin (28). warga Dusun Jajar, Desa Selopuro, Kecamatan Selopuro,  itu ditangkap pada Kamis (18/4/2019).

Kasubbag Humas Polres Blitar Iptu Burhanudin mengatakan pelaku mencuri ponsel Oppo A3S milik Nova Ria Maria Dewi (27) yang masih tetangganya. Ponsel tersebut diambil pelaku pada Rabu (10/4/2019) saat di-charge di teras rumah.

“Saat itu korban membantu tetangganya untuk memasang terop di barat rumah. Selang 15 menit korban mengetahui bahwa handphone yang di-charge tersebut telah hilang dicuri oleh orang lain,” terang Burhanudin, Sabtu (20/4/2019).

Korban dibantu temannya berusaha mencari ponsel tersebut namun tidak berhasil. Tujuh hari kemudian, dia memperoleh informasi mengenai ciri-ciri maling yang mencuri ponsel miliknya yang memakai kaus berwarna merah. Setelah mengantongi ciri-ciri pelaku, korban melaporkan kejadian ini ke Polsek Selopuro pada Rabu (17/4/2019).

“Setelah dilakukan penyelidikan, esoknya pelaku berhasil ditangkap. Dari penangkapan ini polisi mengamankan barang bukti doshbook handphone Oppo A3S warna ungu dan nomor perdana IM3 serta kaus berkerah warna merah, ” terangnya.

Dari interogasi, pelaku mengakui seluruh perbuatannya. Alvin juga mengaku telah menjual ponsel milik korban kepada orang yang tak dikenalnya sebesar Rp 450 ribu. Uang hasil penjualan telah habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP yakni, barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun,” ucap Burhanudin.


End of content

No more pages to load