Poster pemberitahuan BBM undur diri. (Foto: istimewa)

Poster pemberitahuan BBM undur diri. (Foto: istimewa)



Jika sebelumnya jejaring sosial Path resmi ditutup, langkah itu kini juga dipilih oleh layanan chating BlackBerry Messenger (BBM). Hal ini disampaikan pihak BlackBerry Messenger di dalam blog resmi BBM pada Kamis (18/4/2019).

“Hari ini kami mengumumkan akan menutup layanan konsumen BBM pada 31 Mei 2019. Terima kasih telah menjadi bagian layanan konsumen BBM," kata pihak BBM.

BBM memberhentikan layanan ini salah satu alasannya karena persaingan di era sekarang. Sulitnya BBM beradaptasi dengan platform lain membuat pengguna berpindah ke layanan lain. 

Sehingga pihak BBM merasa kesulitan untuk mencari pengguna baru. "Industri teknologi sangat dinamis dan meski dengan usaha substansial kami, user telah beralih ke platform lain dan user baru sulit digaet," tulisnya.

Pihak BBM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mitra, serta karyawan BBM yang pernah menjadi bagian dari BBM. "BBM akan terus beroperasi sampai 31 Mei 2019. Setelahnya, aplikasi BBM akan berhenti beroperasi," imbuh BBM.

Sebenarnya tidak semua layanan BBM sepenuhnya berakhir. Ke depan pihak BBM akan menyediakan layanan baru bernama BBM Enterprise.

Hanya, untuk saat ini warganet masih bisa menikmati layanan yang disediakan BBM hingga waktu yang telah ditentukan tersebut.

Sebagi informasi, aplikasi yang terkenal melalui identitas pengguna dengan nomor PIN ini memang sempat populer beberapa tahun lalu. Terlebih setelah meluncur sebagai layanan eksklusif di dalam ponsel BlackBerry dengan sistem operasi BlackBerry OS hadir pada tahun 2005. Kemudian layanan BBM meluncur sebagai aplikasi chatting lintas platform (Android, iOS, Windows Phone) sejak November 2013 silam.

Sejak saat itulah masa-masa kejayaan BBM. Bertukar pesan dimungkinkan untuk satu orang atau melalui diskusi khusus atau grup obrolan, yang memungkinkan beberapa perangkat BlackBerry untuk berkomunikasi dalam satu sesi. 

Selain menawarkan pesan instan berbasis teks, BBM juga memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar, pesan suara (rekaman audio), file (hingga 16 MB), berbagi lokasi waktu nyata di peta, stiker, dan beragam pilihan emoji.

Setiap hari ada kurang lebih 150.000 panggilan suara BBM telah dilakukan. Ada lebih dari 190 juta pengguna BBM di seluruh dunia pada 2015. 

 


End of content

No more pages to load