Pasar desa wisata ini terletak di rest area jalan Jl Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pasar desa wisata ini terletak di rest area jalan Jl Bukit Berbunga, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)


Editor

A Yahya


Sudah dua tahun Pasar Wisata Sidomulyo di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu itu mangkrak, dan tidak terawat. Rencananya pada tahun 2019 Pemkot Batu bakal kembali melakukan lelang untuk fasilitas yang belum terpenuhi.

Fasilitas yang akan dipenuhi tahun ini adalah rolling door. Sebab pembangunan tahun 2017 silam, memang dibangun dengan desain terbuka. Kios yang dibangun sejumlah 30 unit memiliki ukuran, lebar 3 meter dan panjang 3 meter. Warna cat tembok pasar ini yakni peach, perpaduan hijau dan merah.

Lalu di dinding depan pasar ini ada lukisan-lukisan seperti bunga mawar dan sayur-sayuran. Sudah bagus memang, tetapi warga minta dipasang rolling door agar lebih aman untuk menyimpan dagangannya.

Demi keamanan calon pedagang di sana pun rela menunggu hingga keinginan terealisasi. Alhasil bangunan itu pun tidak terawat, tembok-tembok sudah banyak coretan hingga kaca jendela pun pecah. Kemudian tulisan yang berada di depan pasar mulai hilang karena perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab. 

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, warga yang akan berjualan masih menunggu tambahan fasilitas rolling door. Karena pada tahun 2018 lalu gagal dilakukan lelang. “Sebenarnya lelang rolling itu sudah dianggarkan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun 2018. Tapi saat lelang dibuka hingga ditutup itu tidak ada yang mengambil,” kata Punjul.

Karena sudah lama tidak digunakan, pada tahun ini akan dilanjutkan proses lelang kembali, agar aktivitas di sana segara berjalan. “Sambil menunggu proses lelang itu kami telah meminta kepada dinas terkait agar tidak rusak. Melihat saat ini sudah mulai dicoreti temboknya,” imbuhnya. 

Untuk diketahui pembangunan pasar  ini merupakan pasar wisata pertama di Kota Batu. Pembangunan pasar itu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar. Nantinya di sana akan menjual mulai dari oleh-oleh Kota Batu. Seperti makanan ringan, baju, dan sebagainya.


End of content

No more pages to load