Korban Niko saat diurut (Pijet) Beny Hidayat usai kejadian  (Agus Salam/Jatim TIMES)
Korban Niko saat diurut (Pijet) Beny Hidayat usai kejadian (Agus Salam/Jatim TIMES)

Niko Rizky (23) warga Perum Arum Permai, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, menjadi korban jeglongan (Lubang) di jalan raya Soekarno-Hatta (Soetta).  Meski tidak parah, Niko sempat masuk rumah sakit, sedang sepeda motornya rusak ringan.

Kejadiannya, Niko yang hendak menjemput adiknya, Sadit (19) Selasa (16/4) pukul 19.00, terpental dan jatuh akibat sepeda motor matik yang dikendarainya, masuk lubang di tengah jalan. Vario hitam bernopol N 2092 RS rusak, sedang Niko luka lecet dan linu dan sejumlah giginya goyah serta mengeluarkan darah dari mulutnya.

Niko yang usai kejadian diamankan di rumah Beny Hidayat, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan mengaku, hendak menjemput Sadit, adiknya di Pos Polisi Ketapang. Khawatir adiknya menunggu lama, korban memacu motornya cukup kencang dari arah timur menuju barat. Sesampainya di lokasi kejadian, motornya lewat di lubang yang ada di tengah jalan.

Korban kehilangan keseimbangan dan terpental akibat roda depan masuk ke lubang di depan Sun Star Motor, Kelurahan Ketapang. Korban berpisah dengan kendaraannya dan ndlosor sejauh kira-kira 20 meter dari lubang diameter 65 cm, sedalam 5 cm. “Saya tak sadar. Tahu-tahu saya ada di rumah Om Beny. Enggak tahu, siapa yang membawa saya ke sini,” tandasnya.

Beruntung tak ada kendaraan lain yang melintas. Niko kemudian dibawa ke rumah Beny Hidayat yang saat itu melintas. Karena kenal dengan Niko, salah-satu putra kerabatnya, korban dibawa ke rumahnya (Beny Hidayat) dan dipijat, sebelum dibawa ke rumah sakit. Beny berharap pemerintah segera menutup lubang di jalan raya tersebut, mengingat membahayakan. “Segera diperbaiki, agar tidak menambah korban,” pintanya singkat.

Permintaan juga disampaikan salah satu karyawan Sun Star Motor. Pria tersebut meminta pemerintah segera memperbaiki lubang yang membahayakan kendaraan roda dua tersebut. Disebutkan, lebih belasan pengendara motor yang menjadi korban lubang di depan dealer tempatnya kerja. “Kejadian tadi malam itu, saya tahu. Korban ndlosor jauh,” tandasnya, Rabu (17/4) siang.

Menurutnya, lebih dari belasan, pengendara yang menjadi korban. Bahkan, Rabu siang, ada pengendara RX king yang ndlosor akibat lubang itu. Meski pengandaranya tidak apa-apa, namun shok beker belakang sepeda motornya, patah. “Barusan motor king jatuh. Shoknya patah. Dibenahi di bengkel di barat itu,” pungkasnya.

Sayangnya Pemilik Jalan di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Taufik Andriadi, belum bisa dihubungi. Diketahui jalan di timur traffic light pertigaan ketapang, memang kerap rusak, akibat dilalui kendaraan besar.