Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hanya Ada Di Lumajang !! Hampir 6 Ribu Satgas Keamanan Desa Siap Amankan Pemilu

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Heryanto

16 - Apr - 2019, 16:13

Placeholder
6 ribu Satgas Keamanan Desa dalam apel pada hari ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Hari ini, Selasa (16/4) hampir 6 ribu Satgas Keamanan Desa bentukan Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK, menggelar apel siaga untuk mengamankan Pemilu 17 April besok. Seluruh Satgas keamanan desa akan dikerahkan untuk membantu aparat keamanan yang menjaga kelancaran Pemilu besok.

Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK  kepada media ini mengatakan, seluruh Satgas Keamanan Desa ini diarahkan untuk membantu aparat kepolisian dan TNI dalam mengamankan Pemilu, karena jumlah polisi yang dikerahkan untuk keamanan Pemilu jauh dari jumlah yang memadai.

“Sebenarnya tugas mereka adalah mengamankan desanya. Namun dalam rangka Pemilu ini mereka kita arahkan untuk ikut membantu polisi dalam pengamanan Pemilu,” kata Kapolres Lumajang.

Dalam apel Satgas Keamanan Desa yang berlangsung pada hari ini, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq juga ikut hadir dan memberikan semangat kepada ribuan Satgas yang sejak pagi datang ke Alun-Alun Lumajang dengan menggunakan rompi hitam bertuliskan Satgas Keamanan Desa.

Lebih jauh Kapolres mengatakan, keberadaan Satgas Keamanan Desa ini bisa menjadi model sistem keamanan mandiri masyarakat yang bisa diterapkan di daerah lainnya di Indonesia.

“Sebenarnya perannya banyak sekali, mulai dari melakukan pengamanan desa. Mendisain sistem keamanan desa sesuai dengan karakter desanya, sampai mengambil langkah cepat dan pertama saat terjadi persoalan di desa. Misalnya ada bencana alam, ada kejadian luar biasa dan kejadian lainnya,” kata Kapolres Lumajang menjelaskan.

Namun seiring dengan Pemilu Serentak yang akan berlangsung besok, maka Satgas Keamanan desa ini diarahkan untuk membantu tugas-tugas polisi dan TNI.

“Ya karena sekarang momentnya Pemilu, kami harapkan Satgas ini bisa menjadi bentuk partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pemilu,” kata Kapolres kemudian.

Dalam apel yang berlangsung pada hari ini, hampir 6 rib Satgas Keamanan Desa ini berasal dari 198 desa di Lumajang. Kedepan jumlah ini akan terus bertambah, agar ruang gerak tindak kejahatan di Lumajang bisa dipersempit dengan pola pengamanan melalui satgas ini.


Topik

Peristiwa lumajang berita-lumajang Satgas-Keamanan-Desa Kapolres-Lumajang Alun-Alun-Lumajang Bupati-Lumajang H.-Thoriqul-Haq



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Heryanto