Telur hewan yang berbentuk aneh (Daftar5)

Telur hewan yang berbentuk aneh (Daftar5)



Kalian semua tentu sudah pernah melihat telur bukan, baik itu telur ayam, telur bebek ataupun telur puyuh. Tentu yang kalian lihat, bentuk telur-telur tersebut berbentuk lingkaran ataupun elips. Namun pernahkan kalian melihat telur hewan lain yang berbentuk aneh?

Selain bentuk-bentuk telur seperti pada umumnya yang pernah kalian lihat, ternyata ada telur-telur hewan yang berbentuk aneh, dan mungkin saja belum pernah kalian lihat sebelumnya. Penasaran, telur-telur apa saja itu dan bagaimana bentuknya. Yuk langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

1. Telur Hiu Tanduk

Hiu ini memiliki bentuk telur yang unik tidak seperti pada umumnya. Sebab telur dari hiu ini berbentuk spiral seperti mata bor yang melingkar dan mengerucut seperti halnya mata bor.

Telur berwarna hitam tersebut terbungkus dengan kulit kedap udara yang sangat keras. Sehingga dengan begitu, kulit tersebut bisa melindungi embrio dari pemangsa. Terlebih lagi saat sudah bertelur, hiu justru berenang jauh meninggalkan telurnya.

Hiu tanduk hidup di perairan laut dangkal sebelah barat Amerika Serikat. Hiu ini banyak meletakkan telurnya di celah-celah bebatuan di dasar laut untuk melindunginya dari pemangsa.

2. Telur Chikilidae


Hewan amfibi tanpa kaki ini juga memiliki telur yang unik dan nampaknya belum pernah kalau lihat sebelumnya. Jika kalau pertama kali melihat telur dari hewan ini, maka kalian akan menyangka jika benda tersebut adalah sebuah kelereng dan pasti kalian sangka bukan sebuah telur.

Sebab bentuknya yang melingkar, namun ditutupi oleh lapisan transparan, membuat isi dalam telur tersebut berupa embrio dari Chikilidae tersebut terlihat jelas. Bahkan saat dalam pertumbuhan hewan tersebut, hingga memiliki bentuk tubuh panjang berwarna merah begitu terlihat jelas dari kulit telur yang transparan itu.

Hewan kecil dunia dijumpai di wilayah laut timur India ataupun di daerah hutan tropis. Hewan ini sendiri merupakan hewan endemik India.

3. Telur Yellowhead Jawfish

Ikan ini dari namanya memang terlihat seperti ikan yang mengerikan dengan ukuran yang dibayangkan pasti besar. Padahal tidak.  Ikan ini memiliki panjang yang lumayan kecil. Habitatnya ikan ini berada didasar laut dengan membuat sebuah lubang kedalam pasir.

Telur ikan ini bentuknya begitu kecil, namun jumlahnya begitu banyak. Berbentuk seperti gelembung-gelembng kecil. Namun telur yang dihasilkan oleh ikan ini, tidak ditetaskan diatas permukaan, melainkan ditetaskan dalam mulut dari ikan tersebut.

Dalam masa penetasan, ikan tersebut akan berada didalam sarangnya hingga telur-telur tersebut menetas.

4. Telur Sotong

Hewan ini benar-benar membutuhkan pengorbanan besar ketika berkembang biak. Sotong Jantan akan mati usai kawin denga Sotong Betina. Sementara Sorong betina akan mati usai bertelur.

Telur-telur Sotong memiliki bentuk yang juga unik. Telurnya akan berubah menjadi bening dan transparan ketika Sorong tersebut akan menetas.

Dengan bentuk yang transparan tersebut bayi sotong bisa terlihat dari luar. Bahkan bayi tersebut juga bisa melihat situasi luar sehingga mereka bisa mengindari bahaya. 
Cara bayi sotong menghindari bahaya tersebut yakni dengan cara menghentikan nafas.

5. Telur Gurita

Telur dari gurita begitu unik. Dengan warnanya yang putih dan ada juga yang berwarna kuning, dengan bintik-bintik hitam diluar ya. Telur-telur ini selalu berjajar  keatas seperti buah anggur setiap akan menetas. Saat sudah matang, bisa terlihat jelas bayi gurita jika diperhatikan cukup dekat.

Dan ketika bertelur, Gurita bisa mengeluarkan hingga ratusan telur dalam sekali masa bertelur. Gurita betina memang memiliki tanggung jawab yang besar dalam melindungi sarang dan telurnya.

Mereka khawatir telur-telur akan dimangsa saat sedang inkubasi. Kebanyakan alur hidup mereka didedikasikan untuk melindungi telur-telur karena mereka hanya bisa memproduksi satu sarang dalam hidupnya.

Nah itulah tadi, telur-telur dari hewan sekian ayam dan bebek yang mungkin saja belum pernah kalian lihat sebelumnya dirangkum dari Daftar5. Gimana cukup unik bukan?. Jangan lupa nantikan terus berita menarik lainnya hanya di MalangTIMES.com


End of content

No more pages to load