Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah (foto dok MalangTIMES)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah (foto dok MalangTIMES)



Muatan lokal Bahasa Jawa yang dulu pernah ada disetiap Sekolah Dasar (SD) kini mulai jarang terlihat. 

Khususnya di Kota Malang, Dinas Pendidikan (Disdik) mengaku bahwa era kini cukup kesulitan mencari guru profesional Bahasa Jawa.

Dalam membina anak usia dini, khususnya di Sekolah Dasar memang membutuhkan guru yang cukup mumpuni dibidangnya. 

Salah satunya yakni Bahasa Jawa yang memiliki kosakata dan penulisan khusus.

Akan tetapi, memang muatan lokal Bahasa Jawa memiliki arti mendalam bagi kehidupan sehari-hari yang memang sangat dibutuhkan bagi anak usia dini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah mengatakan bahwa kurikulum muatan lokal Bahasa Jawa sebenarnya sudah muatan lokal utama. 

"Jadi sebetulnya sudah, hanya karena tidak punya narasumber guru bahasa jawa yang bisa di semua sekolah seperti guru olahraga," ujarnya.

Zubaidah menambahkan bahwa ia sudah pernah request tentang kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk guru Bahasa Jawa. 

"Kami pernah ada kuota CPNS untuk guru bahasa jawa, tidak ada yang daftar, kan sulit untuk mencari," katanya.

Nantinya, Zubaidah juga berharap agar ada guru profesional yang bisa mendidik siswa-siswi berbahasa Jawa agar muatan lokal tersebut tidak hilang secara perlahan.

"Ini harus ada guru bahasa jawa yang betul-betul profesional bahasa jawa," imbuhnya.

Sementara itu dalam suatu kesempatan, Wali Kota Malang mengatakan bahwa saat ini banyak anak-anak yang telah meniru budaya kebarat-baratan. 

Bahkan budaya jawa yang seharusnya dilestarikan seperti menjadi hal tabu bagi generasi milenial saat ini.

"Anak sekarang, zaman milenial sekarang, menurut saya sudah sangat kebarat-baratan. Budaya 'salim' kepada orang tua yang dulu menjadi keharusan ketika akan keluar rumah, kini menjadi sangat jarang, bahkan ada yang sekadar say hello saja. Itu menjadi perhatian bagi saya," paparnya. 

 

Tag's Berita

End of content

No more pages to load