Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman saat mengenakan topi secara simbolis kepada PTPS Kota Batu di Halaman Balai Kota Among Tani, Jumat (12/4/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman saat mengenakan topi secara simbolis kepada PTPS Kota Batu di Halaman Balai Kota Among Tani, Jumat (12/4/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)



757 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kota Batu siap lakukan pengawasan politik uang dan tertibkan Alat Peraga Kampanye di setiap sudut Kota Batu. Hal itu mulai dilakukan usai menggelar Apel Akbar PTPS dan Patroli Pengawasan Anti Politik Uang pada masa tenang di Balai Kota Among Tani, Jumat (12/4/2019).

Sejumlah 757 PTPS itu terbagi di Kecamatan Batu ada 346 PTPS, di Kecamatan Junrejo ada 174 PTPS, dan di Kecamtan Bumiaji ada 237. “Setelah Apel Akbar, PTPS langsung melakukan patroli di daerah masing-masing,” kata Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Batu.

Ia menambahkan tugas PTPS sudah mulai dilakukan, melihat saat ini sudah memasuki masa tenang sejak 14-16 April 2019 mendatang. Sehingga Alat Peraga Kampanye (APK) harus dibersihkan dari setiap sudut di Kota Batu.

“Iya nanti PTPS ini harus mengamankan jika mengetahui di lapangan ada politik uang maupun APK yang berkeliaran,” imbuhnya usai melakukan Apel Akbar.

Menurut Rochman, pihaknya telah mengimbau kepada peserta Pemilu tahun 2019 untuk menertibkan APK, karena saat ini sudah memasuki masa tenang.

“Kami sudah mengimbau kepada peserta partai politik sejumlah 16 partai. Jika APK tidak ditertibkan, kami bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol Pp) akan turun tangan,” jelas mantan Sekretaris Komite Nasional Pemudia Indonesia (KNPI) Kota Batu ini.

“Atribut apapun yang berbau dengan Pemilu tidak diperbolehkan lagi ada. H-1 jelang Pemilu 2019 harus steril,” tambahnya. 

Selain itu jika ditemukan ada pelanggaran politik uang, lanjut Rochman, pihak pemberi akan diberikan sanksi pidana. Sanksi pidana yang akan diberikan itu kurang lebih selama tiga tahun.

Sedang untuk satu orang PTPS itu akan ditempakan di masing-masing TPS di Kota Batu.


End of content

No more pages to load