Gelar pasukan pengamanan  presiden di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo (Agus Salam/Jatim TIMES)
Gelar pasukan pengamanan presiden di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo (Agus Salam/Jatim TIMES)

Rencananya, Rabu (10/4) besok pagi Joko Widodo Presiden RI akan berkunjung ke Probolinggo. Usai meresmikan jalan tol Pasuruan – Probolinggo di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo, Jokowi akan singgah di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kedopok, Kota Probolinggo.

Di dua acara tersebut, diterjunkan 2.347 anggota gabungan TNI dan Polri. Selasa (9/4) pukul 13.00 seluruh personel yang terlibat pengamanan, menghadiri apel atau gelar pasukan di Stadion Bayuangga Kota Probolinggo. Bertindak sebagai komandan apel, Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo, Komandan Komando Resor Militer (Korem) 083/Baladhika Jaya.

Usai apel, Kolonel Inf Bagus mengatakan, pasukan yang ikut gelar akan ditempatkan di ring 2 dan 3. Yakni di sepanjang jalur yang dilalui rombongan presiden dan disekitar lokasi acara. Sedang pengamanan ring satu atau pengamanan VVIP, di bawah kendali Paspampres. “Pengamanan Ring 2 dan 3 disebar di sepanjang jalur dan sejumlah titik. Juga di sekitar lokasi acara,” tandasnya.

Selain pengamanan terbuka, diterjunkan penembak jitu (Sniper) di bawah komando Paspampres. Pengamanan yang lain terdiri dari Pasukan huruhara, Pasukan pemukul, Pasukan Matan (keselamatan), dan Penjinak Bom mundur dan media atau tim kesehatan. Pasukan dilenhkapi rompi anti, kendaraan tempur, K-9 dan juga pasukan pendukung lainnya.

“Pengamann disesuaikan dengan lokasi. Ada 52 titik rute yang diamankan ditambah dua titik tujuan. Peresmian Tol Paspro dan kampanye di GOR Kedopok,” terangnya.

Disinggung titik rawan, Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo menegaskan, tidak ada celah dalam pengamanan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Semua titik diprioritaskan pengaman dan penjagaannya. Tentang metode pengamanan di dalam gedung dengan di luar gedung atau tempat terbuka, berbeda. “Kita juga melibatkan angkatan Udara dan Laut,” tambahnya.

Sementara itu Kapolres Probolinggo Kota AKPB Alfian Nur Rizal menambahkan, pengamanan dari kepolisian berjumlah 1.006 personel. Di antaranya berasal dari Polres Probolinggo dan Polres Lumajang dan Polres Pasuruan Kota. Selain itu, 2 Satuan Setara Kompi (SSK) dari Brimob Polda Jatim. “Timm Jibom Brimob bertugas sterilisasi. Anggota kami juga menjaga pintu masuk. Memeriksa pengunjung atau peserta kampanye. Kita amankan kalau membawa barang membahayakan,” ujarnya.

Untuk jalur lalu lintas, lanjut kapolresta tidak ada perubahan. Hanya saja, ia mengimbau kepada pengguna jalan yang dari arah Lumajang hendak ke Probolinggo, hendaknya ditunda dulu. Mengingat, presiden meresmikan jalan tol di daerah leces. “Ditunda saja perjalanannya, terutama kendaraan angkutan besar, Setelah acara, bisa berangkat. Ya, siang jalur normal kembali. Khusus truk saat acara berlangsung, kami hentikan dulu. Parkir dulu lah sebentar,” pungkas kapolresta.