Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Gubernur Jatim Acungi Jempol Kota Batu Soal Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran Terendah di Jatim

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

06 - Apr - 2019, 20:29

Placeholder
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Hadirnya wisata di Kota Batu nyatanya mampu mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Batu. Hal ini mendapat sanjungan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa saat kunjungannya di Kota Batu, (6/4/2019).

Ia mengatakan, angka pengangguran di Kota Batu terendah di Jawa Timur. Tidak hanya angka pengangguran, tapi juga kemiskinan. “Kota Batu ini angka penganggurannya terendah, karena apa? Karena wisata di sini bermuculan,” kata Khofifah. 

Dengan hadirnya pertumbuhan wisata itu tentunya mampu mendorong angka pengangguran itu bisa berkurang. Terlebih jika itu muncul di setiap daerah. “Kalai di Kota Batu setiap munculnya wisata baru, pasti mendahulukan warga lokal untuk bekerja di tempat wisata itu. Sehingga mengurangi angka pengangguran,” imbuhnya. 

“Saat sektor riil bergerak, pergerakan membuat pertumbuhan ekonomi. Jadi ketika yang biasanya produksi itu jarang, sehingga hadirnya wisata itu jadi setiap hari memproduksi,” jelas Mantan Menteri Sosial RI ini.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Batu berkisar kurang lebih 6 persen. Jumlah tersebut terus berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. “Hal ini salah satu upaya Pemkot Batu memberikan pendampingan. Mulai dari adanya menyediakan lapangan pekerjaan, dan sebagainya,” ungkap Dewanti.

Hadirnya tempat wisata itu berimbas denga kreativitas masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan. Kegiatan usaha juga berkembang. Saat ini juga banyak bermunculan kegiatan usaha baru.


Topik

Pemerintahan batu berita-batu Gubernur-Jawa-Timur Khofifah-Indar-Parawangsa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya