Para CPNS saat menerima Surat Keputusan di Balai Kota Batu, Jumat (29/3/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Para CPNS saat menerima Surat Keputusan di Balai Kota Batu, Jumat (29/3/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)



217 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Batu telah diberikan surat keputusan (SK) pengangkatan oleh Wali Kota Batu Dewanti di Balai Kota Among Tani, Jumat (29/3/2019). Dari jumlah itu 100 diantaranya merupakan warga Kota Batu.

Para CPNS ini akan bersiap menjalankan tugasnya di Pemkot Batu pada 1 April mendatang. Dari 217 orang itu terdiri dari tenaga guru ada 174 orang. Lalu tenaga kesehatan ada 35 orang dan tenaga teknis 8 orang. Mereka terdiri dari golongan IIIA sejumlah 189 orang, III B 7 orang dan II C ada 21 orang. Untuk pria 61 orang perempuan 156 orang.

100 orang CPNS merupakan warga Kota Batu sisanya mereka terbagi dari Malang Raya, Kediri, Pasuruan, Surabaya, Jakarta, dan sebagainya.

“Hampir 50 persen CPNS ini dari warga Kota Batu, ini merupakan sesuatu kebanggaan tersendiri karena warga Kota Batu bisa mengabdi untuk kotanya sendiri,” kata Dewanti. 

Ia menambahkan sebagai warga Kota Batu harus bisa berkompetisi dengan CPNS dari daerah lainnya. Sekaligus harus menerima orang luar daerah untuk berkarya di Kota Batu.

“Ini tantangan ya bagi warga Kota Batu dan harus siap-siap berkompetisi, menerima orang daerah lain berkarya di Kota Batu. Dan pasti ada juga warga Kota Batu yang diterima di daerah lainnya,” imbuhnya.

Menurutnya menjadi CPNS merupakan langkah awal karir. Sebab saat diberi masa percobaan atau kontrak satu tahun harus memahami aturan agar bisa diangkat menjadi PNS. 

“Jadilah PNS harus taat pada aturan. Laksanakan amanah dengan sebaik-baiknya, dan tingkatkan kedisiplinan dan kinerja. Bisa gugur juga karena gak displin,” tambah istri Eddy Rumpoko.

Sementara itu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu Siswanto menambahkan, sebelumnya selama dua hari telah mengikuti pembekalan di Kota Batu. Dan akan dikontrak selama satu satu tahun terhitung sejak 1 April 2019.

“Dan untuk masa pra jabatan PNS ini akan berlangsung kurang lebih pada 4-5 bulan lagi,” ujar Siswanto. 

Sedang dalam hal ini sebelumnya dikuti ada 3.208 pelamar yang mendaftarkan dalam CPNS Kota Batu tahun 2018. Kebutuahn Pemkot Batu 236 CPNS namun bau terpenuhi 217 orang.


End of content

No more pages to load