Latihan PBB di SMAN 3 Kota Blitar.
Latihan PBB di SMAN 3 Kota Blitar.

Dalam rangka membentuk karakter disiplin para generasi muda, Koramil 0808/01 Kota jajaran Kodim 0808/Blitar melaksanakan pelatihan peraturan baris berbaris (PBB) kepada siswa SMA Negeri 3 Blitar, Jumat (22/3/2019).

Kegiatan yang digelar di lapangan SMA setempat itu diikuti 570 Siswa. Mereka diberi materi pendidikan awal, sikap sempurna, sikap istirahat di tempat, penghormatan, tata cara upacara, bela negara dan menumbuhkan sikap disiplin di lingkungan sekolah.

Anggota Koramil 0808/01 Kota Pelda Ponimin mengatakan kegiatan semacam ini penting dilakukan. Tujuannya agar nanti siswa-siswi SMA Negeri 3 Blitar bisa melaksanakan pelatihan PBB dan tata upacara bendera dengan baik.  Harapannya, pelaksanaan upacara dan tata upacara bisa berjalan dengan benar dan tertib. Selain itu, pendidikan awal bela negara bisa menumbuhkan sikap disiplin di lingkungan sekolah.

“Latihan PBB ini juga untuk melatih kedisiplinan para pelajar agar lebih bertanggung jawab. Serta melatih sopan santun murid kepada guru pembinbing maupun orang tua,” ungkap Ponimin.

Dia menambahkan, baris berbaris merupakan suatu wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.

Baris berbaris juga mempunyai maksud dan tujuan. Yaitu guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, persatuan, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab.

“Kegiatan PBB ini kami latihkan agar nantinya dapat berguna dalam melaksanakan kegiatan para siswa. Apalagi untuk anggota OSIS karena latihan PBB ini dapat melatih kedisiplinan,” pungkasnya.